H-2 Lebaran, 40 ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Pasar

Total sudah ada 270 ribu lebih pemudik dari Pasar Turi

Surabaya, IDN Times - H-2 jelang lebaran Idul Fitri, pemudik makin memadati stasiun Pasar Turi Surabaya. Dari data PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8, total pemudik yang sudah berangkat hingga saat ini sebanyak 40.386 penumpang. Sementara yang turun di stasiun ini sebanyak 39.156 penumpang.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi sejak tanggal 5 Juni atau H-10 lebaran. "Hari ini puncak mudiknya. Tapi keberangkatan malam," kata Kepala Stasiun Pasar Turi, Nurtain, Rabu (13/6).

H-2 Lebaran, 40 ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun PasarIDN Times/Ardiansyah Fajar

Manajer Humas PT KAI Daop 8, Gatut Sutiyatmoko mengatakan untuk data sementara pada H-2 ini yang sudah berangkat dari Stasiun Pasar Turi ada sebanyak 6.836 penumpang. Sedangkan yang turun ada sejumlah 3.830 penumpang. "Itu baru data sementara. Biasanya kalau di sini yang banyak keberangkatan sore dan malam ke jalur utara," ujarnya saat ditemui di Stasiun Pasar Turi, Rabu (13/6).

2. Kereta Kertajaya dan KRD Bojonegoro paling diminati

H-2 Lebaran, 40 ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun PasarIDN Times/Ardiansyah Fajar

Saat ditanya KA yang paling diminati di Stasiun Pasar Turi, Gatut menyatakan ada dua kereta api yakni Kertajaya kelas ekonomi tujuan Jakarta dan KRD Bojonegoro. Menurutnya kuota kursinya selalu ludes. "KRD Bojonegoro keberangkatan pukul 16.15 WIB. Sedangkan Kertajaya pukul 21.00 WIB," ungkapnya.

3. Total yang sudah berangkat di Daop 8 ada 270 ribu lebih

H-2 Lebaran, 40 ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun PasarIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gatut menambahkan, untuk total yang sudah berangkat dari stasiun dalam naungan PT KAI Daop 8 ada sebanyak 274.741 penumpang. Padahal pada tahun lalu sampai hari H hanya ada 273.086 penumpang. "Ini mengalami kenaikan 101 persen rata-raranya. Padahal baru H-2," kata Gatut. Untuk stasiun naungan Daop 8 ada Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Bojonegoro dan Mojokerto.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya