HUT RI 73, Gus Ipul Tak Nampak Ikuti Upacara

Pakde Karwo dan Gus Ipul pecah kongsi saat Pilkada

Surabaya, IDN Times - Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke-73 di Gedung Negara Grahadi Jawa Timur (Jatim) sedikit ada yang berbeda. Sebab, Gubernur Jatim Soekarwo tak terlihat didampingi wakilnya, Saifullah Yusuf. Padahal, upacara memperingati kemerdekaan termasuk salah satu acara resmi yang harusnya pejabat diwajibkan datang.

Sebagai calon petahana, Gus Ipul memang tak diharuskan mundur saat menjalani kampanye Pilkada. Ia hanya harus cuti selama prosesi pilkada. Calon gubernur yang diusung oleh PDIP ini sebenarnya sudah aktif menjadi wakil gubernur kembali sejak terhitung 25 Juni lalu.

1. Soekarwo tak bisa menjawab soal alasan Gus Ipul tak datang saat upacara

HUT RI 73, Gus Ipul Tak Nampak Ikuti UpacaraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Pakde Karwo sapaan akrab Soekarwo tak bisa menjawab pertanyaan dari para awak media soal tidak hadirnya Gus Ipul. Padahal pasangan ini sudah bersama-sama memimpin Jatim hampir 10 tahun lamanya. Dia pun hanya tersenyum lantas membalikkan badan saat ditanya hal terkait Gus Ipul.

2. Protokoler sudah memberikan surat undangan ke Gus Ipul

HUT RI 73, Gus Ipul Tak Nampak Ikuti UpacaraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara, saat IDN Times mengkonfirmasi kepada protokoler Pemprov Jatim, pihaknya mengaku telah memberikan undangan upacara kepada Gus Ipul. Menurut informasi yang didapatkan, Gus Ipul masih berada di Jakarta karena ada kepentingan lain. Gus Ipul juga sudah beberapa kali tidak hadir di undangan resmi.

Baca Juga: Gus Ipul Dikabarkan Nyaleg, Ini Jawaban PKB

3. Pakde Karwo dan Gus Ipul pecah kongsi saat Pilkada

HUT RI 73, Gus Ipul Tak Nampak Ikuti UpacaraIDN Times/Ardiansyah Fajar

Hubungan Pakde Karwo dan Gus Ipul merenggang kala kontestasi Pilkada Jatim 2018. Hal ini dikarenakan, Pakde yang juga menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Jatim lebih memilih mengusung Khofifah-Emil. Sementara Gus Ipul maju bersama Puti Guntur melalui PDIP, PKB, PKS dan Gerindra. Sayangnya, Gus Ipul harus mengakui keunggulan Khofifah yang menjadi Gubernur terpilih selanjutnya.

Baca Juga: Saksi Gus Ipul Tolak Hasil Pleno, Pihak Khofifah Tetap Tenang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya