Jelang Hari Kemerdekaan, Sebanyak 9.275 Napi di Jatim Dapat Remisi

Ada tujuh napi yang langsung bebas

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 9.275 narapidana di Jatim mendapatkan pengurangan hukuman (remisi) pada HUT Kemerdekaan ke-73. Remisi Umum Kemerdekaan 2018 diberikan secara simbolis kepada perwakilan WBP oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Susy Susilawati. Penyerahan remisi itu dilakukan di Lapas Kelas I Surabaya, Kamis (16/8).

1. Pengajuan 10.549 disetujui 9.275 yang dapat remisi

Jelang Hari Kemerdekaan, Sebanyak 9.275 Napi di Jatim Dapat RemisiIDN Times/Sukma Shakti

Susy mengungkapkan bahwa ada 10.549 WBP yang diusulkan mendapat Remisi Umum Kemerdekaan RI 2018. Tetapi, dari jumlah itu, sudah 9.275 usulan yang disetujui. "Sisanya, yaitu 1.274 berkas masih dalam proses verifikasi data di Ditjenpas, san 7.109 lainnya masih proses usulan," ujar Kakanwil.

2. Napi aktif mendapat remisi tambahan

Jelang Hari Kemerdekaan, Sebanyak 9.275 Napi di Jatim Dapat RemisiIDN Times/Sukma Shakti

Waktu pemotongan masa tahanan itu paling lama enam bulan. Sedangkan paling sedikit satu bulan. Khusus untuk napi yang selama ini aktif dalam kegiatan pembinaan dan membantu pekerjaan di rutan, mendapat tambahan sepertiga dari remisi yang didapatkan. "Misalnya ada WBP yang mendapat remisi 3 bulan, karena dia aktif mengikuti pramuka, remisinya ditambah 1 bulan," kata Susy.

Baca Juga: 1001 Napi Lapas Kelas I Cipinang Dapat Remisi Lebaran

3. Ada tujuh napi yang langsung bebas karena remisi

Jelang Hari Kemerdekaan, Sebanyak 9.275 Napi di Jatim Dapat RemisiIDN Times/Sukma Shakti

Lebih lanjut, karena revisi itu ada sebanyak tujuh orang napi yang bisa langsung menghirup udara bebas. Sebanyak empat orang dari pidana umum, satu orang napi kasus korupsi dan dua orang napi kasus narkotika. "Pemberian remisi ini sudah menggunakan sistem online jadi tidak bisa lagi dipermainkan, semua sudah diatur oleh sistem, dapat dipastikan WBP mendapatkan sesuai dengan haknya," pungkas Susy.

Baca Juga: Terpidana Korupsi Wisma Atlet Nazaruddin Dapat Remisi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya