Comscore Tracker

Jokowi Intruksikan Pembangunan Lombok Dimulai Bulan Depan

Fasilitas publik ditarget berfungsi normal tahun ini

Surabaya, IDN Times - Rentetan gempa yang mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat, membuat pulau yang memiliki panorama keindahan alam ini luluh lantak. Banyak bangunan, sarana umum, jalan raya dan jembatan rusak. Alhasil, roda perekonomian beberapa harus berhenti. Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pun menegaskan bahwa pembangunan akan segera dimulai.

1. Pembangunan Dimulai pada 1 September 2018

Jokowi Intruksikan Pembangunan Lombok Dimulai Bulan DepanANTARA FOTO/Ahmad Subaid

Di akun instagramnya @jokowi, Presiden mengupload foto sedang meninjau reruntuhan bangunan akibat gempa di Lombok. Dia menuliskan caption setelah gempa bumi berkali-kali meninggalkan kerusakan yang berarti kini saatnya membangkitkan NTB kembali.

"Pebaikan rumah-rumah yang rusak akan mulai pada 1 September," tulisnya, Rabu (29/8).

2. Pemerintah kirimkan 400 insinyur CPNS muda

Jokowi Intruksikan Pembangunan Lombok Dimulai Bulan DepanBNPB

Jokowi juga menambahkan kalau pemerintah akan mengirimkan 400 Insinyur muda CPNS 2017. Mereka akan mendampingi masyarakat membangun rumah tahan gempa di Pulau Lombok. "Mereka akan bersama-sama ribuan fasilitator dan masyarakat untuk pembangunan dan perbaikan sekitar 74.000 rumah yang rusak," tambahnya.

Baca Juga: Kegiatan Sekolah di Lombok Belum Berjalan Normal Pasca-Gempa

3. Rumah rusak berat dapat Rp50 juta, sedang Rp30 juta dan ringan Rp10 juta

Jokowi Intruksikan Pembangunan Lombok Dimulai Bulan DepanDok IDN Times/Istimewa

Jokowi juga menekankan pemerintah memberikan bantuan bervariasi. Rumah rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp30 juta dan rusak ringan Rp10 juta. "Rumah-rumah untuk korban di Lombok berupa Risha (rumah instan sederhana sehat) hasil inovasi Balitbang Kementerian PUPR yang contohnya sudah berdiri di Lombok," bubuhnya.

4. Fasilitas publik ditarget berfungsi normal tahun ini

Jokowi Intruksikan Pembangunan Lombok Dimulai Bulan DepanANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Sementara fasilitas publik, Jokowi menargetkan bisa operasional normal di tahun ini. Fasilitas publik yang terdampak yakni pasar, sekolah, rumah ibadah dan puskesmas. "Kita perbaiki dan ditargetkan bisa kembali berfungsi Desember 2018," pungkasnya.

Baca Juga: Gempa Lombok, Pemerintah Gelontorkan Dana Bansos Rp1,25 Triliun

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You