Final Debat Pilkada Jatim Akan Dijaga 2300 Aparat Kepolisian

Debat kedua yang lalu sempat memanas

Surabaya, IDN Times - Debat Pilkada Jatim ketiga yang berlangsung di Dyandra Convention Center akan mendapatkan pengamanan ketat dari aparat kepolisian, Sabtu (23/6). Hal ini guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan di final debat nanti.

Pasalnya, kedua pendukung di debat kedua lalu sempat memanas di depan gedung. Karena saling adu suara dan berebut posisi untuk menyambut paslon yang didukungnya.

1. 2300 personel disiapkan untuk pengamanan

Final Debat Pilkada Jatim Akan Dijaga 2300 Aparat KepolisianIDN Times/Reza Iqbal

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, mengatakan untuk debat putaran terakhir polisi telah menyiapkan 2300 untuk membantu mengamankan. "Sudah disampaikan tadi ada 2300 personel yang disiapkan untuk besok," ujarnya, Jumat (22/6).

Dalam pengamanan final debat ini, Barung mengatakan personel yang dilibatkan juga berasal dari polres jajaran. Mereka akan bekerja sama dengan pihak Polrestabes Surabaya yang juga sebagai tuan rumah.

"Ya pasti kita akan bekerja sama dengan Polrestabes Surabaya," tambah Barung.

2. Pengamanan paling banyak di luar gedung

Final Debat Pilkada Jatim Akan Dijaga 2300 Aparat KepolisianInfografis Rappler Indonesia

Sementara itu, untuk pengamanan debat akan dilakukan secara menyebar. Yakni di dalam maupun di luar venue debat. Namun, Barung menegaskan pengamanan akan lebih banyak di luar, seperti di jalan depan tempat diselenggarakannya debat.

"Untuk pengamanan, kita di jalan lebih banyak, di luar itu. Sementara di dalam itu hanyalah yang di forum saja," kata Barung.

3. Polisi harap debat terakhir berlangsung kondusif

Final Debat Pilkada Jatim Akan Dijaga 2300 Aparat KepolisianIDN Times/Ardiansyah Fajar

Barung berharap upaya pengamanan dari Polda Jatim juga turut membantu menjaga situasi dan kondisi di lokasi menjadi lebih kondusif. Lebih-lebih bisa menciptakan kondisi yang damai, rukun dan guyub.

"Ya sekarang kita harapkan bisa damai, rukun, guyublah," harap pria dengan tiga melati emas di pundaknya ini.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya