KPU Jatim Pastikan Surat Suara Sudah di Kecamatan

#PilkadaSerentak2018 Tinggal kamu nentuin pilihan

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) memastikan seluruh surat suara sudah terdistribusi di tingkat kecamatan. Hal tersebut disampaikan oleh Komisioner KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta. Bahkan, surat suara yang di kepulauan kecil pun sudah sampai termasuk yang di kawasan Madura dan Gresik. "Kalau Masalembu yang kemarin semoat tertunda beberapa hari itu pun sudah sampai di Masalembu," ujarnya, Minggu (24/6).

1. H-2 akan disalurkan ke tingkat desa

KPU Jatim Pastikan Surat Suara Sudah di KecamatanIDN Times/Sukma Shakti

Sisin sapaan akrabnya menyampaikan, surat suara yang kini sudah ada di kecamatan nantinya akan disalurkan di kelurahan dan desa. Surat suara tersebut ditarget sampai desa pada H-2 Pilkada Jatim. "Tapi tentu saja untuk disimpan di TPS H-, ini melihat kondisi dari keamanan kotak suara tersebut, apakah aman disimpan di TPS dalam 1x24 jam. Apabila tidak aman tetap akan disimpan di desa nanti pada hari H, dini harinya baru dikirim ke TPS," jelas Sisin.

2. Surat suara rusak akan dimusnahkan

KPU Jatim Pastikan Surat Suara Sudah di KecamatanIDN Times/Sukma Shakti

Sementara untuk kelengkapan surat suara, Sisin menjamin semuanya sudah lengkap. KPU Jatim juga akan segera melakukan pemusnahan surat suara rusak pada Senin (25/6). "Insyaallah tidak ada masalah. Hari Pemusnahan untuk surat suara yang rusak dan lebih di PT. Pura," kata Komisioner bidang logistik ini.

3. Tak ada perubahan denah TPS

KPU Jatim Pastikan Surat Suara Sudah di KecamatanIDN Times/Fitria Madia

Lebih lanjut, Sisin juga menanggapi untuk daerah rawan bencana seperti Banyuwangi, ia menyebut tidak ada perubahan denah pada hari pemilihan nanti. Desain TPS pun masih tetap sesuai dengan perencanaa yang ada di awal. "Rasanya tetap tidak ada perubahan, tidak ada pengungsi yang perlu difasilitasi pindah pilih dan lain-lain. Sementara masih normal-normal saja," pungkasnya.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya