Menpan-RB Pastikan Ada Rekrutmen CPNS Guru, Ini Kuotanya

Kesempatan nih yang mau jadi guru

Surabaya, IDN Times - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberi sinyal positif kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal ini dikarenakan, Menpan RB Syafruddin akan menindaklanjuti pengajuan 100 ribu guru untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

1. Menpan pastikan bukan mengangkat tapi mengetes

Menpan-RB Pastikan Ada Rekrutmen CPNS Guru, Ini KuotanyaANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Syafruddin mengatakan saat ini usulan dari Mendikbud Muhadjir Effendy sedang dalam proses. Pihaknya juga sedang mengkalkulasi untuk formasi 100 ribu CPNS guru. "Yang pasti bukan mengangkat, tapi mengetes (CPNS guru)," ujarnya saat ditemui di Kantor Gubernur Jatim Surabaya, Senin (3/9).

2. CPNS guru memang jadi prioritas tahun ini

Menpan-RB Pastikan Ada Rekrutmen CPNS Guru, Ini Kuotanya(Syafruddin bersama Tito Karnavian) ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pada rekrutmen CPNS guru, pihak Kemenpan-RB menegaskan tidak akan ada penggolongan pada formasi. Yang jelas, kuota memang banyak untuk guru. "Di Jatim saja kami mengajukan 2.000-an (kuota CPNS) paling banyak ya guru dan tenaga medis," tambah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Anom Surahno yang juga di Kantor Gubernur Jatim.

Baca Juga: Buah Sukses Lalu Zohri, dari Tawaran PNS hingga Perbaikan Rumah

3. Kemendikbud membutuhkan 736 ribu guru PNS baru

Menpan-RB Pastikan Ada Rekrutmen CPNS Guru, Ini Kuotanyakorpri.id

Berdasarkan data dari Kemendikbud, saat ini setidaknya dibutuhkan 736 ribu guru PNS baru. Kebutuhan tersebut untuk mengganti guru-guru yang pensiun. Selain itu, kebutuhan itu tentunya untuk penempatan di sekolah-sekolah baru, dan sekolah-sekolah di daerah khusus.

"Jumlah guru honorer di seluruh Indonesia saat ini sekitar 736 ribu orang. Kalau misalnya setiap tahun pemerintah mengangkat 100 ribu orang, maka membutuhkan waktu tujuh tahun lebih untuk bisa menyelesaikan permasalahan guru honorer," kata Muhadjir seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Formasi CPNS Segera Ditentukan, Jatim Jamin Tak Ada Calo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya