Meski Kena OTT, Status Nyono Masih Aktif Sebagai Bupati

Apa gak sebaiknya mundur aja ya pak?

Surabaya, IDN Times - Operasi Tangkap Tangan(OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko tak lantas membuatnya lengser dari jabatan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto.

Nyono sendiri saat ini sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam dugaan kasus suap jabatan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Jombang. Dia diduga menerima sejumlah uang dari Plt Kadinkes Jombang berinisial IS agar diangkat menjadi Kadinkes definitif.

1. Pemprov tegaskan status Nyono masih aktif Bupati Jombang

Meski Kena OTT, Status Nyono Masih Aktif Sebagai BupatiANTARA FOTO/Dhemas Revianto

Benny mengatakan keputusan untuk menonaktifkan kepala daerah harus sesuai prosedur yang ada. Adapun yang berhak mengangkat dan mencopot adalah Kementerian Dalam Negeri. Pemprov Jatim, kata dia, menghormati semua proses hukum yang berlaku dan menunggu hasil pemeriksaan dari KPK untuk di bawa ke meja hijau. "Masih aktif, dinonaktifkan setelah ada keputusan tetap dari pengadilan atau in-kracht,"ucap Benny.

Lebih lanjut, Benny mengatakan bahwa kasus dugaan suap yang menimpa kepala daerah adalah murni permasalahan integritas. Lagipula, Pemprov Jatim sudah sering memberi peringatan ke kepala daerah agar tidak melakukan suap. Tak hanya itu, tambah Benny, Pemprov Jatim sudah menggunakan sistem online untuk membuat kebijakan meminimalisir potensi korupsi. "Tujuannya agar pejabat tidak bertemu pihak ketiga. Kalau kita di Jatim antara masyarakat dan pemerintah sudah paripurna," jelasnya.

Baca juga: Ini Lho Rekam Jejak Nyono Suharli, Bupati Jombang yang Terjaring OTT KPK

2. Golkar hanya berhentikan sementara

Meski Kena OTT, Status Nyono Masih Aktif Sebagai BupatiIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sementara itu, partai yang menjadi tempat bernaung Nyono, Golkar, sejauh ini baru melakukan pemberhentian sementara terhadap Nyono yang merupakan Ketua DPD Golkar Jatim. Keputusan itu diambil setelah menggelar pertemuan tertutup pada Minggu (4/2). "Bukan dipecat tapi diberhentikan sementara sampai in-kracht di pengadilan," ujar Ketua Bidang Kepartaian DPP Golkar, Ibnu Mundzir.

Saat ditanya terkait sosok pengganti Nyono, Ibnu Mundzir menyatakan pihaknya akan mengumumkan dari Jakarta pada malam ini (5/2). Sebelumnya nama Gatot Sudjito digadang-gadang untuk menggantikan jabatan sementara Nyono. Namun, Golkar masih menggelar Rakor (Rapat Koordinasi) dengan Ketua dan Dewan Penasehat Partai Golkar.

3. Khofifah belum berkomentar terkait OTT Bupati Jombang

Meski Kena OTT, Status Nyono Masih Aktif Sebagai BupatiIDN Times/Rudy Bastam

Calon Gubernur (Cagub) Jatim, Khofifah Indar Parawansa masih belum membuka mulut terkait kondisi yang menimpa Bupati Jombang, Nyono. Di depan para awak media, Khofifah hanya melayangkan senyum simpul khasnya. Golkar sendiri menjadi salah satu partai yang menjadi pengusung Khofifah di Pilgub Jatim.

Baca juga: Bupati Jombang Kena OTT KPK

Topik:

Berita Terkini Lainnya