Comscore Tracker

Canggih, Surabaya Akan Tambah 15 Lampu Lalu Lintas Bertenaga Surya

Langka hemat energi listrik...

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berencana menambah Traffic Light yang menggunakan solar cell atau tenaga surya. Langkah ini diambil sebagai upaya penghematan energi.

Meski sumber energi dari matahari, TL ini tidak akan mati saat hujan tiba. Teknologi yang ada memungkinkan alat ini untuk menyimpan energi. Teknologi ini juga diklaim mampu menghemat 100 persen listrik saat matahari bersinar. Sebaliknya, ketika pemadaman lampu terjadi, lampu lalu lintas ini juga tetap bisa beroperasi.

1. Tambah 15 TL tenaga solar cell

Canggih, Surabaya Akan Tambah 15 Lampu Lalu Lintas Bertenaga Surya Ciphoc/Robert

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Surabaya, Robben Rico mengatakan pada tahun 2018 Dishub akan melakukan penambahan solar cell  di`15 titik. "Pada tahun 2017 sudah terpasang 9 unit. Direncanakan semua TL dengan solar cell bisa terpasang di Surabaya secara bertahap," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Jumat (2/2).

Sejumlah ruas jalan yang sudah terpasang solar cell antara lain, Koni-MERR; Kertajaya-Dharmawangsa; Darmo-Dr. Soetomo; Mastrip-Wiyung; Darmo-Al Falah; Gubeng Pojok-Pemuda; Kenjeran-Putro Agung; Pucang Anom; Ngagel Jaya-Ngagel Jaya Selatan.

Sedangkan tambahannya pada tahun ini, Bubutan-Tembaan; Pahlawan-Pasar Besar Wetan; Demak-Dupak; Mayjen Sungkono-Bintang Diponggo; HR Muhammad-Darmo Permai; Pandegiling-Raya Darmo; Gemblongan-Genteng Kali; Blauran-Kranggan; Kedungsari-Kedungdoro; Kedung Baruk-MERR; Arief Rachman Hakim-MERR; A. Yani-Margorejo; A. Yani-Jemur Andayani (Dolog); serta Gunungsari-Gajahmada.

Baca juga: Tambah Hutan Kota, Risma Tanam 200 Pohon Matoa

2. Solar cell juga digunakan di terminal dan halte

Canggih, Surabaya Akan Tambah 15 Lampu Lalu Lintas Bertenaga Surya Ciphoc/Robert Sejauh ini, tenaga surya sudah diterapkan di Terminal Purabaya. Namun, pihak Dishub Kota Surabaya menyampaikan sebenarnya teknologi ini sudah dipasang di 14 terminal dan 11 halte yang tersebar di Surabaya.
Nah, pemasangannya sendiri disesuaikan dengan tempat halte yang memang banyak mendapatkan sinar matahari. Tujuan utama pemasangan solar cell yakni untuk menghemat energi tanpa menggunakan pasokan listrik PLN. Apabila terjadi pemadaman, pemkot tidak perlu lagi menggunakan genset karena sudah ditopang oleh solar cell.

3. Stabilitas solar cell terjaga

Canggih, Surabaya Akan Tambah 15 Lampu Lalu Lintas Bertenaga Surya Ciphoc/Robert Kabid Lalin Dishub Surabaya, Robben Rico memastikan TL dengan tenaga surya akan tetap terjaga. Stabilitasnya dijamin penuh karena sudah melakukan tahap uji coba dan sesuai tahap. Belum lagi energi yang satu ini dianggap ramah lingkungan. "Tenang saja itu sudah teruji. Ramah lingkungan, bisa hemat energi listrik juga. Kalau ada troble PLN tidak terganggu. Kami akan kembangkan terus energi solar cell ini tapi bertahap mengingat harganya lumayan mahal," pungkas Robben.

 

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya