Pengungsi Syiah Sampang Dipastikan Mencoblos di Tempat Pengungsian

Mereka juga tetap bisa menggunakan hak pilih untuk Pilbup

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur akhirnya memutuskan untuk mendirikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) bagi warga Syiah Sampang di Rusun Jemundo kecamatan Taman Sidoarjo. Hal tersebut merupakan opsi terakhir dari KPU setelah melakukan upaya untuk memulangkan sementara para pengungsi ini ke Sampang. Karena alasan keamanan, KPU mengambil langkah tersebut.

1. Lokasi pemungutan suara telah disetujui KPU pusat

Pengungsi Syiah Sampang Dipastikan Mencoblos di Tempat PengungsianANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Komisioner KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan, keputusan itu diambil setelah memperoleh persetujuan dari KPU pusat, mengenai lokasi TPS bagi warga Syiah dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018 mendatang. "Surat resmi memang belum kami terima, tapi yang pasti kami sudah mendapatkan persetujuan dari KPU pusat," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (7/6).

2. Warga Syiah Sampang bisa menyalurkan hak pilih untuk Pilgub dan Pilbup 2018

Pengungsi Syiah Sampang Dipastikan Mencoblos di Tempat PengungsianANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Dalam Pilkada serentak 2018, warga Sampang dijadwalkan akan mencoblos di Pemilihan Gubernur Jatim 2018 dan Pemilihan Bupati Sampang 2018. Sesuai dengan aturan, jika mereka mencoblos di luar Sampang, maka para pengungsi Syiah tidak bisa memilih Calon Bupati mereka. Dari data yang dihimpun, ada 351 pemilih Syiah Sampang yang mengungsi di Rusun Jemundo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. 

Namun hal tersebut diluruskan oleh Anam. Ia mengatakan, diskresi dari KPU pusat itu menyebutkan bahwa warga Syiah Sampang boleh mencoblos Pilbup Sampang dan Pilgub Jatim di TPS Rusun Jemundo. "Bisa mencoblos dua-duanya," katanya. 

3. KPU sudah koordinasi dengan keamanan san Forpimda

Pengungsi Syiah Sampang Dipastikan Mencoblos di Tempat PengungsianIDN Times/Ardiansyah Fajar

Sebelumnya, KPU Jatim memang meminta pendapat aparat keamanan dan Forpimda mengenai lokasi TPS bagi warga Syiah Sampang. Dari hasil pertemuan itu, semua elemen menyetujui didirikan TPS di sekitar pengungsian dengan alasan keamanan. Diharapkan, warga pengungsi Syiah Sampang tidak keberatan dengan keputusan yang diambil tersebut.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya