Peringati Hari Bumi, Risma Lepaskan 300 Ekor Tupai di Balai Kota

Gak usah ke kebun binatang deh, di Balai Kota banyak hewan.

Surabaya, IDN Times - Ada banyak cara untuk memperingati hari bumi. Salah satunya seperti yang dilakukan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Kali ini, ia memilih melepaskan ratusan ekor satwa tupai di Taman Surya yang merupakan halaman depan Balai Kota Surabaya, Kamis (26/4). Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan ERHA Clinic untuk menjaga menjaga dan mengembangkan keanekaragaman hayati di Kota Pahlawan.

1. Inovasi Risma kembangkan satwa sekitar balai kota

Peringati Hari Bumi, Risma Lepaskan 300 Ekor Tupai di Balai KotaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Risma mengatakan, saat ini, keberadaan satwa Tupai semakin jarang ditemukan. Apalagi, di kota-kota besar seperti Surabaya. Sehingga ia pun berinovasi untuk memelihara tupai di Balai Kota. Di samping untuk menambah suasana Balai Kota agar semakin hidup, keberadaan satwa ini bertujuan untuk menjaga dan mengembangkan keanekaragaman hayati di Kota Surabaya.

“Di sini sudah ada burung-burung. Kalau musim hujan juga banyak kupu-kupu dan capung. Saya kepingin ada Tupai disini,” kata Risma.

2. Risma lepaskan 300 ekor tupai di Taman Surya

Peringati Hari Bumi, Risma Lepaskan 300 Ekor Tupai di Balai KotaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Risma bercerita, sebenarnya dirinya sudah lama ingin memelihara Tupai di Balai Kota. Kebetulan dirinya bertemu dengan Andreas Bayu Aji yang merupakan Corporate Affairs Director ERHA Clinic dan menceritakan keinginannya tersebut.

Kemudian, Andreas pun bersedia untuk membantu dirinya mendatangkan tupai tersebut dari berbagai daerah. "Sebanyak 300 lebih Tupai yang dilepas hari ini. Kami bukan hanya dibantu Tupai. Namun juga dibantu 25 senso (alat potong pohon) dan 15 alat potong rumput. Dan sekarang, juga dibantu 3 unit teleskope untuk kebutuhan anak sekolah” ungkapnya.

Baca juga: Jadi Kartini Masa Kini? Simak Pesan Risma Ini

3. Pemkot akan sediakan makanan untuk tupai

Peringati Hari Bumi, Risma Lepaskan 300 Ekor Tupai di Balai KotaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Risma menambahkan, dengan adanya tupai di Balai Kota pastinya dapat menambah kesan indah dan cantik. Ia berharap, agar ratusan tupai tersebut tidak ditangkap oleh warga. Mantan Kepala Dinas Kebersihan ini menegaskan, keberadaaan tupai di Balai Kota bertujuan untuk menjaga kelestarian tanaman dari serangan hama dan serangga. Selain itu, juga untuk edukasi kepada anak-anak. “Nanti makanannya kita kasih tupainya pasti akan datang.” 

Baca juga: Polisi Ungkap 4,8 Juta Butir Pil Koplo, Risma Marahi Tersangkanya

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya