Ini Isi Kutbah Salat Ied di Jombang yang Dihadiri Gus Ipul

Apa saja kira-kira?

Surabaya, IDN Times - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengikuti Salat Idulfitri bersama keluarga di Masjid Agung Baitul Mukminin Jombang, Jumat (15/6). Ditemani istri dan tiga putranya, Gus Ipul yang mengenakan pakaian dan sarung putih tiba di masjid yang berada di sisi barat Alun-alun Jombang itu sekitar pukul 06.00 WIB.

Meski takmir mempersilakan wakil gubernur Jawa Timur non aktif itu untuk duduk di depan bersama para tokoh lainnya, namun Gus Ipul memilih menempati barisan di pelataran masjid bersama jemaah lainnya. Beralaskan koran, Gus Ipul khusyuk mendengarkan kutbah hari raya yang disampaikan Khotib.

1. Gus Ipul: Jihad melawan hawa nafsu dan menebar kebaikan harus terus kita jaga

Ini Isi Kutbah Salat Ied di Jombang yang Dihadiri Gus IpulDok. Istimewa

Dalam kesempatan ini, Gus Ipul menyampaikan ada dua pesan utama yang disampaikan oleh Khotib Idulfitri kali ini, yakni pesan agar memasuki Lebaran ini umat Islam tetap menjaga semangat jihad Ramadan dengan selalu menebar kebaikan dan melawan hawa nafsu.

"Bulan Ramadan telah kita lalui, namun jihad melawan hawa nafsu dan menebar kebaikan harus terus kita jaga," ujar Gus Ipul usai menjalani ibadah Salat Idulfitri.

2. "Prinsip sedekah adalah bagaimana kita merasa kabeh sedulur kabeh makmur"

Ini Isi Kutbah Salat Ied di Jombang yang Dihadiri Gus IpulIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, pesan kedua dalam kutbah kali ini adalah pesan sosial bagaimana kita telah diajarkan berbagi dengan zakat serta sedekah. Berzakat dan bersedekah sama artinya kita juga telah membantu mengatasi kemiskinan.

"Prinsip sedekah adalah bagaimana kita merasa kabeh sedulur kabeh makmur. Itu yang harus kita jalankan terus khususnya setelah meninggalkan Ramadan," kata Gus Ipul.

3. Gus Ipul sengaja berlebaran di Jombang untuk kumpul bersama keluarga

Ini Isi Kutbah Salat Ied di Jombang yang Dihadiri Gus IpulDok. Istimewa

Sementara itu, usai menjalani Salat Idulfitri, Gus Ipul juga langsung berbaur bersama para jemaah untuk mengikuti halal bihalal dengan bersalaman memutar bersama jemaah. Dia sengaja mengikuti salat Idulfitri di Jombang karena sedang berada di rumah mertuanya untuk sungkem ke orang tua.

Karenannya, usai salat dirinya juga langsung kembali untuk sungkem memohon maaf pada orang tuanya.

Topik:

  • Tania
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya