Comscore Tracker

Sister City dengan Surabaya, Liverpool Tawarkan Bantuan Kesehatan hingga Olahraga

Fans Liverpool mana nih suaranya?

Surabaya, IDN Times - Kota Surabaya dan Liverpool resmi menjalin kerjasama sister city melalui nota kesepahaman atau MoU, Senin (19/3). Turut hadir langsung Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Wali Kota Liverpool Joe Anderson, Wakil Wali Kota Liverpool Gary Miliar, dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik. Dalam MoU, Surabaya-Liverpool bekerjasama di berbagai bidang.

1. Kerjasama bentuk persahabatan antar dua kota besar

Sister City dengan Surabaya, Liverpool Tawarkan Bantuan Kesehatan hingga OlahragaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Joe Anderson mengatakan dirinya telah berdiskusi dengan Risma, ia mengaku dalam pembahasannya mengenai pemerintahan yang praktis. Bagaimana pendidikan, pelabuhan, perdagangan, kesehatan hingga olahraga jadi prioritas. Ia juga menyatakan bahwa kedua kota ini Liverpool mewakili kota besar di Inggris sementara Surabaya salah satunya di Indonesia. "Ini semua untuk menjalin persahabatan di antara kami," ujar Joe.

2. Dalam kerjasama Liverpool tawarkan bantuan kesehatan

Sister City dengan Surabaya, Liverpool Tawarkan Bantuan Kesehatan hingga OlahragaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Gary menyampaikan kalau Liverpool memiliki salah satu fasilitas kesehatan terbesar di dunia. Maka dari itu, ia pun menawarkan bidang ini untuk masuk dalam kerjasama di sister city. "Saya beri tahu ke Walikota Surabaya untuk fasilitas (kesehatan) kami. Mereka tertarik untuk itu," kata Gary.

Lebih lanjut, selain kesehatan ada pula kerjasama di bidang olahraga, pelabuhan, perdagangan, dan pendidikan. "Kota ini wonderfull, banyak potensi. Kami setuju dengan apa yang disepakati," kata Gary.

3. Risma tegaskan MoU ini akan terealisasi semua

Sister City dengan Surabaya, Liverpool Tawarkan Bantuan Kesehatan hingga OlahragaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Lebih lanjut, Risma menyatakan kalau nantinya MoU dengan Liverpool bukan hanya seremonial. Menurutnya, siapapun yang menjalin kerja sama sister city dengan Surabaya semua akan teralisasi. Ia mencontohkan sister city dengan Kochi, di mana Surabaya sudah mendapat hadiah mobil pemadam kebakaran.

"Begitu pula dengan Liverpool ini. Makanya kami langsung bentuk tim khusus di sister city ini. Ketua tim dari Liverpool ada Pak Wakil Wali Kota sedangankan dari Surabaya ada Pak Sekda (Hendro Gunawan)," jelas Risma.

 

Baca juga: Banyak Rumah Potong Buang Darah ke Sungai, Ini Respons Risma

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya