Menkominfo Pastikan Jokowi Akan Nonton Balapan F1H2O Danau Toba Besok

Kemenkominfo siapkan jaringan 5G di Toba

Toba, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny Gerard Plate, memastikan Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo akan menyaksikan balapan Formula One Powerboat (F1H2O) Danau Toba 2023 di Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Minggu (26/2/2023).

Johnny menjelaskan saat ini persiapan event yang berhubungan dengan bidang komunikasi dan media sudah 100 persen.

"Semoga event ini berlangsung sukses. Besok Bapak Jokowi hadir," ungkap Johnny saat melakukan konferensi pers di Media Center F1H20, Sabtu (25/2/2023).

1. Targetnya menjangkau 180 juta penonton dari seluruh dunia

Menkominfo Pastikan Jokowi Akan Nonton Balapan F1H2O Danau Toba BesokWarga Balige nonton bareng F1H2O di pinggiran Danau Toba, Sabtu (25/2/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Johnny menjelaskan Danau Toba adalah salah satu Destinasi Super Prioritas yang mendapat kesempatan menggelar event internasional, yaitu F1 Powerboat, sehingga perlu persiapan matang, termasuk persiapan komunikasi dan media.

Menurutnya, Kemenkominfo, khususnya Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) memberikan dukungan penuh untuk menyukseskan F1H2O melalui penyediaan media centre di Pelabuhan Muliaraja dan kantor Dinas Kominfo Toba.

Johnny berharap event ini bisa menjangkau 180 juta penonton dari seluruh dunia. Untuk itu, Kemenkominfo mendukung penuh kerja-kerja media lokal dan internasional terkait event ini.

"Kami berharap dengan pemberitaan media bisa membuat event ini menjangkau 180 juta penonton secara global. Ini sejalan dengan target penyelenggaraan ini ini. Kami juga berharap kegiatan besok menjadi salah satu pendorong popularitas DSP Danau Toba. Mudah-mudahan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat Toba," ungkap dia, didampingi Bupati Toba, Poltak Sitorus.

2. Ada 101 media yang meliput F1H2O

Menkominfo Pastikan Jokowi Akan Nonton Balapan F1H2O Danau Toba BesokWarga Balige nonton bareng F1H2O di pinggiran Danau Toba, Sabtu (25/2/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Johnny menyebut dalam event ini ada 101 media yang mendaftar untuk meliput. Media internasional 40 media, 23 media nasional, dan 38 media lokal. Total ada 152 jurnalis.

Untuk mendukung kerja-kerja jurnalis, Kemenkominfo menyediakan ruang media dengan internet kecepatan tinggi. Terdapat dua media center yang digunakan. Media center pertama di Pelabuhan Napitupulu memuat sekitar 80 media dengan fasilitas yang disediakan antara lain, ruang TV pos media asing dan nasional, meja dan kursi kerja, termasuk 10 unit laptop, jaringan internet berkekuatan tinggi, serta fasilitas lainnya selama event F1 Powerboat ini berlangsung.

Di lantai dua gedung ini juga disediakan ruangan jumpa pers yang akan rutin digelar dengan berbagai narasumber kompeten terkait event ini. Media center kedua terletak di kantor Diskominfo dengan fasilitas sama, demi kenyamanan media massa yang meliput.

Selain itu, Johnny mengatakan, pihaknya juga menyediakan layanan nonfisik yaitu infrastruktur telekomunikasi jaringan internet, 5G.

Baca Juga: Ombak Tinggi, Kualifikasi F1 Powerboat Ditunda

3. Rekayasa lalu lintas untuk dongkrak penghasilan UMKM

Menkominfo Pastikan Jokowi Akan Nonton Balapan F1H2O Danau Toba BesokWarga Balige nonton bareng F1H2O di pinggiran Danau Toba, Sabtu (25/2/2023). (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Soal rekayasa lalu lintas di Kota Balige, Bupati Toba Poltak Sitorus mengaku sudah dipertimbangkan secara matang bersama Polda Sumut. Penutupan jalan tersebut dilakukan selain mencegah kemacetan juga untuk mendongkrak manfaat ekonomi masyarakat di sekitar Balige, khususnya di sekitar venue.

Dengan penutupan jalan ini, penonton F1H2O harus berjalan sekitar 1-3 kilometer dan bisa menikmati stand-stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di sepanjang jalan.

"Memang warga di sini banyak yang kaget dan belum terbiasa dengan rekayasa lalu lintas ini. Namun memang begitulah kondisi terbaiknya. Di event-event internasional itu biasa jika penonton jalan 2-3 kilometer jalan kaki," ujar Poltak.

Menurut Poltak, pada event ini warga akan merasakan manfaatnya, terutama dalam hal peningkatan pendapatan ekonomi.

Baca Juga: Murah Meriah, Ini Potret Nonton F1H2O Danau Toba dengan Kearifan Lokal

Topik:

  • Arifin Al Alamudi
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya