Terobosan Pemerintah Kabupaten Garut untuk Memperbaiki Kesehatan

Mulai dari program desa hingga Rakor Teknis

Isu kesehatan merupakan salah satu yang hal jadi perhatian pemerintah. Pasalnya, memang kesehatan adalah faktor penting dalam kehidupan. Apabila seseorang tidak sehat secara jasmani, tentu hal ini akan berdampak pada faktor lainnya.

Salah satu daerah yang gencar meningkatkan kesehatan masyarakatnya adalah Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Seperti apa terobosan pemerintah Kabupaten Garut untuk meningkatkan kesehatan warganya? Simak di artikel ini, ya!

1. Desa Cisitu Garut jadi program lokasi fokus P2WKSS pada 2023

Terobosan Pemerintah Kabupaten Garut untuk Memperbaiki KesehatanProgram lokus p2wkss (jabarprov.go.id)

Pada Kamis (11/5/2023), bertempat di Aula DPPKBPPPA, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPPKBPPA) Garut menggelar Rapat Koordinasi Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2023. Banyak desa di Kabupaten Garut yang ingin menjadi lokasi fokus binaan P2WKSS tahun ini, namun sudah ditetapkan bahwa Desa Cisitu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut lah yang terpilih.

Garut Rahmat Wibawa, selaku Sekretaris DPPKBPPPA, mengatakan bahwa Desa Cisitu terpilih karena masih tertinggal dalam segi fisik maupun sosial budaya. Oleh karena itu, desa ini terpilih untuk kemudian akan mendapatkan binaan dari berbagai sektor, dari mulai Perangkat Daerah hingga pelaku usaha maupun masyarakat setempat.

Menilik dari bidang kesehatan, Desa Cisitu masih memiliki angka stunting yang tinggi, kemudian angka kematian ibu dan angka kematian bayi yang juga tinggi, lalu belum adanya posyandu, dan masih banyaknya balita dengan gizi buruk. Dengan terpilihnya sebagai lokasi binaan program P2WKSS, diharapkan hal ini dapat memperbaiki kondisi Desa Cisitu di berbagai sektor.

Baca Juga: 3 Upaya yang Dilakukan Pemerintah Jawa Barat untuk Menekan Stunting

2. Uji petik penilaian eliminasi malaria dilaksanakan di Garut

Terobosan Pemerintah Kabupaten Garut untuk Memperbaiki KesehatanUji petik eliminasi malaria (Jabarprov.go.id)

Kabupaten Garut terpilih oleh Komisi Penilaian Eliminasi Malaria Nasional karena dinilai sangat baik dalam hal kesigapan. Selain itu Garut juga memiliki kerja sama dan lintas sektor yang sangat kuat. 

Menurut Sekda Nudin Yana, Kementerian Kesehatan RI menetapkan program eliminasi malaria agar setiap kota atau kabupaten di Provinsi Jawa Barat dapat terhindar dari malaria. Pihaknya juga telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan atau pencegahan malaria di Kabupaten Garut.

Kabar baiknya, Kabupaten Garut memang sudah bebas malaria sejak tahun 2019 lalu. Kasus malaria yang ditemukan di tahun 2022 berasal dari luar pulau dan bukan dari Garut. Meski demikian, program Juru Malaria Desa (JMD) masih perlu ditingkatkan lagi, karena pada praktiknya masih terkendala dalam hal penjangkauan wilayah. Perlu mengajak masyarakat lokal untuk membantu pencegahan malaria.

3. Rakor teknis upaya preventif dan respon terhadap penyakit dibuka

Terobosan Pemerintah Kabupaten Garut untuk Memperbaiki KesehatanRakontek Garut (Jabarprov.go.id)

Pada Senin (29/5/2023) Pemda Kab Garut menggelar Rakontek dan evaluasi pelaksanaan deteksi dini, pencegahan, dan tanggap penyakit tingkat Kabupaten Garut. Rapat Koordinasi Teknis ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Harmoni, Kabupaten Garut. Hal ini demi melakukan upaya preventif terhadap beberapa penyakit menular maupun tidak menular di Garut. Pasalnya memang ada beberapa penyakit yang menjadi perhatian, seperti AIDS, TB, hingga difteri.

Rudy Gunawan, Bupati Garut, juga menyampaikan bahwa pihaknya sedang bernegosiasi dengan Kemenkes terkait kesiapan Kabupaten Garut menjadi lokasi Integrasi Layanan Primer pertama di Indonesia. Di dalam Rakontek kemarin juga dilakukan penyuluhan kepada Puskesmas untuk menghadapi isu perubahan iklim. Mulai dari menyiapkan obat, menyiagakan ambulance, hingga melakukan home care ke kampung dan desa.

dr. Leli Yuliani, Kepala Dinkes Kabupaten Garut, juga menuturkan melalui rapat koordinasi teknis ini dapat tersusun rencana strategis dalam rangka pencegahan dan pengendalian penyakit. Sehingga ada upaya meningkatkan kewaspadaan dini dan melindungi masyarakat Kabupaten Garut dari berbagai ancaman penyakit di masa mendatang.

Wah, ternyata perhatian pemerintah Garut di atas bisa jadi bukti kalau #JabarJuara karena benar-benar memperhatikan peningkatan kesehatan masyarakatnya! Semoga hal ini bisa menginspirasi daerah lainnya juga, ya.

Baca Juga: 5 Respon Cepat Jawa Barat Tangani Masalah Kesehatan Warganya

Arkana Naranka Photo Verified Writer Arkana Naranka

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya