Comscore Tracker

Jadi Ketua DPR, Puan: Ingin Buktikan Bahwa Perempuan Bisa Berprestasi

Puan berharap bisa menjadi motivasi perempuan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 Puan Maharani, mengatakan motivasinya menjadi Ketua DPR adalah ingin membuktikan bahwa perempuan juga mampu mencetak prestasi dalam dunia politik.

"Saya ingin membuktikan bahwa perempuan dalam berpolitik juga bisa berprestasi, bisa sejajar dan seimbang dengan laki-laki," ujar Puan seperti yang dikutip dari Antara, Sabtu (5/10).

Sebelumnya, dalam rapat paripurna pelantikan Selasa (1/10) lalu, sebanyak 575 anggota DPR dari sembilan partai politik dan 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari 34 provinsi hasil Pemilu 2019 dilantik. Puan Maharani dan La Nyalla Mattalitti ditetapkan sebagai Ketua DPR dan Ketua DPD.

1. Puan berharap bisa menjadi motivasi bagi para perempuan

Jadi Ketua DPR, Puan: Ingin Buktikan Bahwa Perempuan Bisa BerprestasiIDN Times/Irfan Fathurohman

Puan Maharani mengatakan bahwa terpilihnya ia sebagai Ketua DPR diharapkan dapat menjadi motivasi bagi perempuan-perempuan di Indonesia, untuk turun ke dalam dunia politik.

Selain itu, sebagai perempuan pertama yang memimpin DPR, ia ingin bekerja sebaik mungkin untuk membawa aspirasi rakyat, yang diwakili oleh dirinya.

Baca Juga: Ketua DPR yang Baru, Puan Maharani Punya Kekayaan Rp363,7 Miliar

2. Puan mengemban tanggung jawab untuk rakyat

Jadi Ketua DPR, Puan: Ingin Buktikan Bahwa Perempuan Bisa BerprestasiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bagi Puan setiap wakil rakyat memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

"Yaitu tanggung jawab untuk menyalurkan aspirasi rakyat yang mereka titipkan, kepada wakil rakyat yang mereka pilih," ujar Puan.

Sebelum menjadi Ketua DPR periode 2019-2024, Puan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI), namun otomatis mundur karena ia resmi bergabung dalam DPR periode 2019-2024.

"Sejak kemarin tanggal 30 kemarin, saya sudah izin pamit kepada Presiden untuk mengundurkan diri jadi Menko PMK untuk bisa dilantik pada 1 Oktober," ujarnya, Selasa (1/10).

3. Puan yakin DPR bisa menjadi lembaga legislatif modern

Jadi Ketua DPR, Puan: Ingin Buktikan Bahwa Perempuan Bisa BerprestasiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Bagi Puan DPR, bisa menjadi lembaga legislatif yang modern dan bisa menghadapi tantangan dalam kemajuan zaman.

"DPR yang menjaga kepercayaan rakyat, tidak antikritik, dan bisa menghasilkan keputusan terbaik untuk rakyat," ujar Puan.

Selain itu, Puan juga mengatakan dalam masa kepemimpinannya di DPR, ia ingin kualitas yang baik dari produk legislasi yang dihasilkan oleh DPR.

"Harapan saya, DPR ke depan tidak perlu memuat suatu produk UU terlalu banyak, namun memilih yang menjadi prioritas. Itu yang akan menjadi fokus DPR ke depan yang berguna untuk bangsa dan negara," kata Puan (1/10).

4. Puan akan terus mengingatkan pimpinan dan anggota DPR

Jadi Ketua DPR, Puan: Ingin Buktikan Bahwa Perempuan Bisa BerprestasiIDN Times/Irfan Fathurohman

Mantan Menko PMK mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu diingatkan kepada seluruh pimpinan dan anggota DPR. Pertama, untuk bekerja semangat secara gotong-royong, kedua, Puan mengajak seluruh anggota DPR agar tidak terpecah-belah.

"Pertama, kepemimpinan DPR bersifat kolektif kolegial. Jadi harus dijalankan dengan semangat gotong-royong," ujarnya.

"Di DPR banyak warna, tetapi kita semua tetap Merah-Putih," tambahnya.

Baca Juga: Puan Maharani Jadi Ketua, Ini Jejak Keterwakilan Perempuan di DPR RI

Topic:

  • Aulia Fitria
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You