Kualitas Udara Jakarta Terburuk Kedua di Dunia

Sidang perdana gugatan udara bersih digelar hari ini

Jakarta, IDN Times – Keluhan warga Jakarta mengenai buruknya udara ternyata memang bukan sekedar keluhan. Sebab udara ibu kota memang buruk.

Airvisual, situs penyaji informasi kualitas udara, mencatat pada Kamis siang pukul 13.00 WIB kualitas udara Jakarta menempati peringkat kedua dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

1. Kualitas udara Jakarta terburuk setelah Ulan Bator

Kualitas Udara Jakarta Terburuk Kedua di DuniaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dalam daftar peringkat kualitas udara di laman AirVisual pada pukul 13.00 WIB, kualitas udara Jakarta menempati peringkat kedua terburuk dengan 162 poin. Jakarta hanya kalah tipis dari Ulan Bator, Mongolia, yang berada di peringkat teratas dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk. 

2. Nagoya dan Shenyang masuk daftar kota dengan kualitas udara terburuk

Kualitas Udara Jakarta Terburuk Kedua di DuniaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Selain Ulan Bator dan Jakarta, kota-kota lain yang masuk dalam daftar kota dengan kualitas udara terburuk adalah Nagoya (Jepang) dan Shenyang (China). Di peringkat kelima ada Dubai (Uni Emirate Arab).

3. Tuntut pemenuhan hak akan udara bersih, warga gugat pemerintah

Kualitas Udara Jakarta Terburuk Kedua di DuniaANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Sebelumnya, sebanyak 31 orang menggugat sejumlah institusi pemerintah ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mereka menuntut pemenuhan hak untuk menikmati udara bersih di Jakarta.

Para penggugat melayangkan gugatan kepada Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sidang perdana kasus ini akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hari ini (1/8).

 

Baca Juga: Ini Saran Jokowi Buat Anies Baswedan Atasi Polusi Udara Jakarta

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya