Pascarusuh Kapolri, Panglima TNI, dan Menkopolhukam Kunjungi Manokwari

Ketiganya dijadwalkan tiba siang ini, pukul 12.00 WIT

Jakarta, IDN Times – Untuk memastikan situasi keamanan telah kondusif setelah terjadi kerusuhan, Kapolri Jendral Tirto Karnavian, Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Jendral Purn Wiranto akan berkunjung ke Manokwari, Papua Barat, Kamis (22/8).

Berdasarkan keterangan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat, AKBP Mathias Krey, ketiganya sudah dalam perjalanan dan dijadwalkan tiba di Manokwari pukul 12.00 WIT.

1. Kapolri, Panglima TNI dan Menkopolhukam akan gelar konferensi pers

Pascarusuh Kapolri, Panglima TNI, dan Menkopolhukam Kunjungi ManokwariANTARA FOTO/Didik Suhartono

Tujuan Kapolri, Panglima TNI, dan Menkopolhukam berkunjung ke Manokwari adalah untuk melihat kondisi dari kota yang sempat mengalami kerusuhan dan dilanjutkan dengan jumpa pers yang akan digelar bersama media di daerah tersebut.

“Jadwal pastinya kami lihat dulu, yang pasti beliau ke sini untuk memantau situasi di Manokwari pascarusuh Senin lalu. Dengan demikian akan diketahui apa yang dilakukan masing-masing pihak,” ujar Mathias, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Jokowi Akan Kunjungi Papua Bulan Depan

2. Gubernur Papua Barat hadir untuk rekonsiliasi

Pascarusuh Kapolri, Panglima TNI, dan Menkopolhukam Kunjungi ManokwariDok. IDN Times/Istimewa

Kapolda, Pangdam XVII/Kasuari dan Gubernur Papua Barat hadir di Sorong untuk melakukan rekonsiliasi, setelah sebelumnya terjadi kerusuhan yang berimbas di beberapa daerah di Papua Barat, seperti Kota Sorong dan Kabupaten Fakfak.

Dalam rekonsiliasi tersebut, Pemprov, Polda, dan Kodam mengajak seluruh tokoh di daerah terkait untuk bertemu. Sebelumnya, di Manokwari pertemuan tokoh adat, agama, dan aktivis sudah dilakukan pada Rabu (21/8).

3. Situasi mulai kondusif di ketiga daerah tersebut

Pascarusuh Kapolri, Panglima TNI, dan Menkopolhukam Kunjungi ManokwariANTARA FOTO/Jojon

Mathias mengungkapkan, kondisi di Manokwari, Sorong, dan Fakfak sudah berangsur pulih. Masyarakat sudah mulai beraktivitas, begitu pula dengan pemerintahan sudah berjalan seperti biasa.

Selain itu apparat TNI dan Polri masih melakukan penjagaan di seluruh daerah di Papua Barat untuk memastikan kondisi aman.

Baca Juga: Ini Saran JK Agar Kerusuhan Manokwari Papua Barat Tak Berkepanjangan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya