Survei: Millennials Paling Toleransi Terhadap Perbedaan Pendapat

Terdapat lima tipe toleransi versi millennials, apa saja ya?

Jakarta, IDN Times – IDN Times bekerja sama dengan IDN Research Institute melakukan survei tentang definisi toleransi menurut millennials. Survei ini diikuti oleh responden yang memiliki berbagai pekerjaan.

Dalam survei ini, karyawan swasta merupakan responden terbanyak dengan perolehan angka 38,8 persen, diikuti oleh mahasiswa dengan angka 36,8 persen, selanjutnya ada wirausaha dengan angka 10 persen, dan job seeker atau pencari kerja serta pegawai pemerintah yang mengikuti survei ini sebesar 8 persen dan 6,4 persen.

Dalam perilaku toleransi, terdapat lima tipe toleransi yang umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pertama toleransi pikiran atau toleransi terhadap perbedaan pendapat atau ide, kedua toleransi sosial atau toleransi terhadap perbedaan status sosial, ketiga toleransi agama, keempat toleransi terhadap jenis kelamin, dan terakhir toleransi terhadap perbedaan ras.

Dalam survei ini, responden diminta untuk menilai perilaku yang menggambarkan toleransi jika dikaitkan dengan lima jenis toleransi di atas. Seperti tetap mendengarkan pendapat teman hingga selesai walaupun mereka tidak setuju dengan pendapat yang sedang disampaikan, contoh perilaku ini termasuk dalam perilaku toleransi pikiran dan menduduki pilihan terbanyak responden dengan angka 28 persen.

Selanjutnya perilaku tidak menilai seseorang hanya dari status sosialnya saja, contoh ini termasuk ke dalam toleransi sosial dan menduduki pilihan kedua. Menjalin relasi dengan teman yang berbeda agama, merupakan contoh perilaku toleransi dalam agama dan berada diposisi ketiga dengan angka 18 persen.

Perilaku membuka peluang pekerjaan yang sama baik untuk perempuan dan laki-laki merupakan tindakan toleransi gender dan terakhir tidak berkomentar buruk terhadap ras tertentu di sosial media merupakan contoh perilaku toleransi terhadap ras.

Survei: Millennials Paling Toleransi Terhadap Perbedaan PendapatIDN Times/Arief Rahmat

Baca Juga: Ini Perilaku Toleransi yang Diterapkan Millennials dalam Keseharian

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You