3 Petugas Kereta Api Indonesia Positif Virus Corona

Rincian data kondisi karyawan PT KAI per 28 April

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro, melaporkan bahwa ada tiga karyawan KAI yang positif COVID-19. Selain itu, 19 petugas KAI berstatus orang dalam pemantauan (ODP), lima petugas berstatus pasien dalam pengawasan (PDP), dan 37 lainnya orang tanpa gejala (OTG).

"Informasi sampai tanggal 28 kemarin bahwa untuk petugas KAI total yang sakit (berbagai macam penyakit) ada 233 orang," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Rabu (29/4).

1. Petugas yang bertugas saat ini adalah yang sehat

3 Petugas Kereta Api Indonesia Positif Virus Coronainstagram.com/keretaapikita

Edy memastikan bahwa saat ini personel yang bertugas di KAI merupakan yang sehat dan siap untuk bekerja. Seluruh petugas yang sakit, ujarnya, tidak diizinkan untuk bekerja.

"Setiap harinya Tim Satgas COVID-19, melakukan monitoring terhadap pekerja yang sakit dan setiap hari dilaporkan kepada direksi, selaku pengarah tim," ujarnya.

Baca Juga: KAI Batalkan Perjalanan KA, Ini Cara Refund Tiket

2. KAI berkomitmen tetap mengikuti protokol kesehatan

3 Petugas Kereta Api Indonesia Positif Virus CoronaIDN Times/Galih Persiana

Edy pun memastikan, pihaknya akan terus mengikuti protokol kesehatan. Secara rutin, kata dia, lingkungan stasiun maupun armada disemprot disinfektan. "Kita juga siapkan pencuci tangan," tuturnya.

Dia pun meminta agar petugas tidak ikut membuat kepanikan terhadap penumpang kereta api.

3. Tidak ada PHK dan pemotongan gaji

3 Petugas Kereta Api Indonesia Positif Virus CoronaIDN Times/Holy Kartika

Terlepas dari itu, Edy memastikan bahwa tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pemotongan gaji terhadap karyawan PT KAI meski sektor transportasi sedang babak belur.

"Kami tidak melakukan PHK di wilayah KAI yang jumlah pegawainya dengan subsidiarynya itu mencapai 47 ribu pegawai," ujarnya.

Baca Juga: Refund Tiket Kereta Api Kini Lebih Cepat, 3 Hari Uang Kembali

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya