Ini Alasan Pemerintah Belum Evakuasi WNI di Wuhan

Pemerintah akan mengirim pasokan makanan untuk WNI di Wuhan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan hingga saat ini, warga negara Indonesia yang tinggal di Wuhan, Tiongkok belum dapat dievakuasi lantaran masih diisolasi.

“Caranya evakuasi gimana? Ya pertama kita harus tau bahwa kota itu udah di-lock down. Di-lock down itu, gak boleh ada yang masuk dan gak boleh ada yang keluar (dari Wuhan),” katanya di Kementerian Perhubungan, Senin (27/1).

1. Tiongkok akan melakukan inkubasi terlebih dahulu untuk memastikan bebas dari virus corona

Ini Alasan Pemerintah Belum Evakuasi WNI di Wuhan(Situasi kota Wuhan) Istimewa

Terawan mengatakan pemerintah tidak bisa serta merta mengeluarkan Warga Negara Indonesia ( WNI) dari Tiongkok, sebab negara tirai bambu itu juga akan melakukan inkubasi terlebih dahulu terhadap WNI untuk memastikan bahwa mereka terbebas dari virus corona.

"Diperiksa dengan lengkap bahwa ini sudah bebas. Itu pun harus diletakkan dulu di wilayah China lainnya untuk sampai masa inkubasi dan sebagainya hilang kalau memang itu dicurigai ada," ujarnya.

 

2. Pemerintah akan mengirimkan pasokan makanan untuk WNI di Wuhan

Ini Alasan Pemerintah Belum Evakuasi WNI di WuhanSebagian mahasiswa Aceh di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Republik Rakyat Tiongkok (Cina) (IDN Times/Istimewa)

Kendati begitu, pemerintah tengah berupaya mengirimkan pasokan makanan kepada para WNI yang ada di Wuhan.

“Pemerintah, sudah jelas (mengirimkan makanan dan logistik). Makanya tadi pakai pemesanan lewat online, ternyata masih bisa,” ujarnya.

3. Hingga Senin pagi, korban meninggal akibat virus corona mencapai 80 orang

Ini Alasan Pemerintah Belum Evakuasi WNI di Wuhan(Situasi di Kota Wuhan, Tiongkok) Istimewa

Virus corona tengah menjadi kekhawatiran dunia. Hingga senin pagi, Pemerintah Tiongkok menyatakan korban meninggal akibat wabah virus corona mencapai 80 orang dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi.

Virus yang lazim menjangkiti hewan ini diketahui menular kepada manusia sejak sepekan lalu. Kasus pertama penularan terhadap manusia terjadi di Kota Wuhan, Tiongkok. Menurut investigasi awal, dalam kasus tersebut seorang pria terjangkiti virus corona usai menyantap ular yang ternyata telah memakan kelelawar yang mengidap virus tersebut.

Ini Alasan Pemerintah Belum Evakuasi WNI di WuhanIDN Times/Arief Rahmat

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya