Juni Nanti, Pemerintah akan Resmikan 4 Ruas Jalan Tol Baru

Kementerian PUPR gelontorkan Rp396 triliun untuk proyek ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, 4 ruas jalan tol akan diresmikan pada Juni 2020. Merujuk ucapan Basuki, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menggelontorkan investasi untuk jalan tol sekitar Rp396 triliun.

"Progres yang bisa diresmikan pada Juni ini adalah Banda Aceh-Sigli seksi 4 sepanjang 14 km, Pekanbaru-Dumai 131 km, bagian dari Manado-Bitung, dan Balikpapan-Samarinda seksi I-V sepanjang 33 km sudah siap," kata Basuki dalam video conference, Jumat (29/5).

1. Berikut ruas tol yang akan diresmikan pada Juni

Juni Nanti, Pemerintah akan Resmikan 4 Ruas Jalan Tol BaruIlustrasi tol dalam kota (IDN Times/Sunariyah)

Dia mengatakan, ruas tol tersebut yakni, Banda Aceh-Sigli seksi IV sepanjang 14 kilometer (km). Kemudian, Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km, bagian dari Trans Sumatra Toll Road dan sedang uji layak fungsi. Lalu, Manado-Bitung sepanjang 21 km. Dan yang keempat Balikpapan-Samarinda seksi I dan V sepanjang 33 km sudah siap.

"Mungkin sampai akhir tahun (perersmiannya) yakni Pettarani-Makassar yang baru saja kita selesaikan topping off. Cibitung-Cilincing di JORR dan  Kriyan-Legundi-Bunder-Manyar di Jawa Timur. Itu yang siap diresmikan," jelasnya.

Baca Juga: Satu RT Kena Dampak Tol, Warga Usulkan Pergeseran Trase Tol Yogyakarta

2. Pihaknya sudah melakukan market sounding untuk investasi baru 10 ruas proyek tol baru

Juni Nanti, Pemerintah akan Resmikan 4 Ruas Jalan Tol BaruPresiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Chairman RGE Sukanto Tanoto melihat hasil kain yang dibuat dari serat rayon APR (Dok. BPMI)

Selain itu, dia mengatakan pihaknya juga sudah melakukan market sounding untuk investasi baru 10 ruas proyek tol baru.

"Jadi Kulon Progo-Yogya-Solo sepanjang 76 km ini proses lelangnya sudah mulai, dan 4 Juni nanti akan proses pemasukan penawarannya. Mudah-mudahan sekitar September-Oktober kalau bisa sudah mulai konstruksinya, dengan pembebasan lahan dulu," ujarnya.

Kemudian, Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya), akses Patimban, Bogor-Serpong, Sentul Selatan-Karawang Barat, Pelabuhan Semarang, Semanan-Balaraja, Cikunir-Karawaci, Cikunir-Ulujami, dan multi lane free flow atau sistem pembayaran di tol tanpa buka pintu.

3. Menteri PUPR juga mengejar target pembangunan lima bendungan

Juni Nanti, Pemerintah akan Resmikan 4 Ruas Jalan Tol BaruMenteri PUPR Basuki Hadimuljono memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat 3 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Dalam kesempatan yang sama, Basuki mengatakan pihaknya juga akan mengejar target pembangunan lima bendungan tahun ini. Bendungan itu akan dibangun di Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, dan Gorontalo.

"Sekarang sedang proses lelang dan konstruksi," ucapnya.

Baca Juga: Tol Cilacap-Jogja Dibangun Mulai 2022, Kebumen Minta Tiga Exit Tol

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya