Adik Kandung Politisi PDIP, Jaksa Agung: Saya Profesional, Kok

ST Burhanuddin adalah adik kandung TB Burhanuddin

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik ST Burhanuddin untuk menjadi Jaksa Agung. Usai dilantik, Burhanuddin langsung menyambangi Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Jakarta Selatan, Rabu (23/10). 

Setelah ditelusuri, Burhanuddin ternyata adik kandung dari politikus PDIP, Tubagus (TB) Hasanuddin. Menanggapi hal itu, Burhanuddin menegaskan mereka berdua bersikap profesional.

"Kami sudah diperintahkan, kami profesional. Wong misal satu rumah suami-istri kadang-kadang partainya berbeda, kok. Apalagi saya bukan orang partai. Bagi saya gak ada masalah, sudah profesional saja," jelas Burhanuddin.

Ketika ditanyai apa rencana ke depan yang akan dilakukannya, Burhanuddin mengaku masih harus mempelajarinya. Sebab, lanjutnya, Burhanuddin sudah meninggalkan Kejaksaan Agung selama empat tahun.

"Saya akan pelajari dulu, nanti kalau sudah dipelajari saya sampaikan ke teman-teman. Mungkin masih ada yang mengenali wajah saya," jelasnya.

"Kita pemetaan dulu, baru diketahui apa yang saya harus lakukan. Tapi pemetaan ini dalam waktu dekat, jadi besok saya sudah mulai," sambungnya.

Saat ditanyai perkara apa yang akan mulai ia tangani, Burhanuddin belum depat memastikannya. Ia menegaskan, akan mempelajari terlebih dahulu hal-hal yang ada di Kejagung.

"Selama empat tahun saya kan gak tahu perkaranya. Begini, tolong beri waktu saya untuk mengetahui isi perut kejaksaan dulu, itu saja," ungkapnya.

Selain itu, Burhanuddin juga belum dapat memastikan kapan serah terima jabatan (sertijab) akan dilaksanakan. Sebab, Burhanuddin belum bertemu dengan pendahulunya, Muhammad Prasetyo.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo sebelumnya mengangkat ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

“Bapak ST Burhanuddin Jaksa Agung. Gak ada yang tahu? Nanti tanya langsung ke Pak Burhan,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10) siang.

Baca Juga: Jokowi Pilih Burhanuddin Sebagai Jaksa Agung, Ini Perjalanan Kariernya

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya