Alasan Kapolri Idham Azis Rotasi 8 Kapolda Hingga Kapolres

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf juga naik jabatan

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis kembali merotasi sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) Polri. Hal itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/385/II/KEP./2020 yang diterima IDN Times Senin (3/2) malam. Surat tersebut juga ditandatangani asisten (AS) sumber daya manusia (SDM) Kapolri, Irjen Pol. Eko Indra Heri.

Dari surat telegram tersebut, Idham merotasi delapan posisi Kapolda di Indonesia. Siapa sajakah mereka ?

1. Kapolda Sulawesi Utara hingga Aceh dirotasi

Alasan Kapolri Idham Azis Rotasi 8 Kapolda Hingga KapolresPenyematan pita yang dilakukan Kapolda Aceh, Inspektur Jenderal Polisi Rio Septianda Djambak di lapangan Mapolda Aceh, Kota Banda Aceh, Aceh, Kamis (19/12), menjadi tanda dimulainya operasi (IDN Times/Polda Aceh).

Dari surat tersebut, Idham mengganti posisi delapan Kapolda. Di antaranya, Kapolda Gorontalo yang akan dipimpin oleh Brigjen Pol Adnas. Adnas yang masih menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan, akan digantikan Brigjen Pol Halim Pagarra yang masih menjabat sebagai Direktur Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Dirregident) Korlantas Polri. Posisi Halim akan digantikan Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusuf.

Kemudian, Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol Didi Haryono dirotasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Posisi Kapolda Kalimantan Barat akan diisi Irjen Pol. Remigius Sigid Tri Hardjanto yang masih menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Utara. Posisi Kapolda Sulawesi Utara akan digantikan Irjen Pol Royke Lumowo yang menjabat sebagai Kapolda Maluku.

Posisi Kapolda Maluku nantinya akan diisi Brigjen Pol Baharudin Djafar. Dia saat ini masih menjabat Kapolda Sulawesi Barat. Polda Sulawesi Barat, nantinya akan dipimpin Brigjen Pol Eko Budi Sampurno. Selanjutnya, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis dirotasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Kapolda Jambi nantinya akan diisi oleh Irjen Pol. Firman Shantyabudi.

Idham turut mengganti Kapolda Aceh Irjen Pol. Rio Septianda Djambak yang akan didapuk sebagai Kasespim Lekdiklat Polri. Posisinya Rio akan digantikan Brigjen Pol. Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kapolda Gorontalo. Brigjen Pol. Rikwanto yang masih menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah akan menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara. Posisi Wakapolda Kalimantan Tengah bakal digantikan oleh Brigjen Pol Indro Wiyono.

Baca Juga: Kapolri Sampaikan Permintaan Maaf di Laporan Akhir Tahun 2019

2. Kapolres Jaksel hingga Tangerang Selatan juga dirotasi

Alasan Kapolri Idham Azis Rotasi 8 Kapolda Hingga KapolresIDN Times/Santi Dewi

Rotasi juga terjadi pada posisi Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri yang dijabat oleh Irjen Pol. Maltha. Dia dirotasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisi Maltha akan digantikan oleh Brigjen Pol. Napoleon Bonaparte yang masih menjabat sebagai Ses NCB Interpol Indonesia Divhubinter.

Idham juga merotasi posisi Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol. Bastoni Purnama. Dia akan menjabat sebagai Karolog Polda Lampung. Posisi Bastoni akan digantikan Kombes Pol Budi Sartono yang sebelumnya menjabat sebagai Dirresnarkoba Polda Sulawesi Barat.

Selain itu, Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan dirotasi menjadi Kapolres Probolinggo, Polda Jawa Timur. Posisi Ferdy akan digantikan Kapolres Kuningan, Jawa Barat AKBP Iman Setiawan.

3. Rotasi untuk penyegaran organisasi

Alasan Kapolri Idham Azis Rotasi 8 Kapolda Hingga KapolresKaropenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Argo Yuwono (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Argo Yuwono membenarkan rotasi tersebut. Dia mengatakan, rotasi merupakan hal yang biasa yang terjadi di tubuh Korps Bhayangkara.

"(Alasan rotasi) Penyegaran organisasi," katanya kepada IDN Times, Selasa (4/2).

Baca Juga: [BREAKING] Kapolri Ganti Kapolda Aceh 

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya