Sah! Angkot Daring Resmi Beroperasi di Bekasi

Tahun 2020, TRON targetkan 10 ribu angkot beroperasi

Jakarta, IDN Times - Warga Kota Bekasi kini tak perlu lagi repot-repot lagi menunggu lama jika ingin menggunakan angkot sebagai moda transportasi umum mereka. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya aplikasi daring khusus angkot yang akan memanjakan para pengguna transportasi publik tersebut.

Aplikasi itu dinamakan TRON. Penasaran itu apa? Berikut ulasan selengkapnya.

1. TRON aplikasi khusus angkot yang beroperasi di Kota Bekasi

Sah! Angkot Daring Resmi Beroperasi di BekasiIDN Times/Axel Jo Harianja

Chief Executive Office (CEO) PT. Aplikasi Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON), David Santoso mengungkapkan, TRON sendiri sebenarnya telah mulai dapat digunakan sejak tanggal 10 April 2019. Dan pada hari ini, TRON telah diresmikan secara langsung oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

"Kami telah mulai beroperasi sejak tanggal 10 April 2019 dan kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Bekasi khususnya pengguna angkot K-11A dan K-11 B dan juga ke pemilik angkot," ujar David dalam acara peresmian TRON di Gelanggang Olah Raga (GOR) Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jumat (3/5).

Untuk diketahui rute yang dilalui angkot K-11A adalah Terminal Bekasi - Pasar Baru - Terminal Bekasi - Pom Bensin Setia Kawan - RS Rawalumbu - Pom Bensin Rawalumbu - Perumnas 1 Rawalumbu - Pasar Rawalumbu - Jembatan (1 - 13) Rawalumbu - Jalan Batu Giok - Guci Medika.

Sedangkan rute K-11B Horison Bekasi - Jalan Haji Eman - Jembatan (1 - 4) Narogong - Pom Bensin Setia Kawan. Saat ini, aplikasi TRON melayani rute/trayek angkutan K-11A dan K-11B di Kota Bekasi. David mengatakan, ke depannya layanan aplikasi TRON akan diperluas ke trayek dan kota lainnya.

Baca Juga: 6 Hal Nyebelin yang Biasa Dialami Penumpang Angkot, Pernah Mengalami?

2. Dengan TRON, penumpang tak perlu lagi berjalan jauh jika ingin memanggil angkot

Sah! Angkot Daring Resmi Beroperasi di BekasiIDN Times/Axel Jo Harianja

David menjelaskan, TRON merupakan aplikasi terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk memanggil angkot tanpa perlu berjalan jauh. Setelah melakukan registrasi, pengguna cukup memasukkan tujuannya dan akan diarahkan ke halte virtual terdekat untuk menunggu angkot tersebut.

David menambahkan, TRON sangat bangga bisa menjadi bagian dari smart city program dalam menumbuhkan kembali semangat masyarakat agar menggunakan angkutan umum. Hal itu juga bertujuan untuk mengurangi kemacetan di kawasan urban seperti di Kota Bekasi.

"Dengan menggunakan aplikasi TRON maka masyarakat dapat lebih mudah naik angkot karena tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mencari angkot. Dikarenakan dengan teknologi yang disediakan oleh VIA, maka TRON dapat menyediakan skema re-route di mana memungkinkan angkot untuk masuk ke kawasan pemukiman sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan," jelas David.

3. Tahun 2020, TRON targetkan 10 ribu angkot beroperasi

Sah! Angkot Daring Resmi Beroperasi di BekasiIDN Times/Axel Jo Harianja

Menurut David, jumlah download aplikasi tersebut telah mencapai kurang lebih 2 ribu download dan telah beroperasi 30 angkot dengan menggunakan aplikasi TRON. "Kami targetkan untuk mengoperasikan 10 ribu angkot yang beroperasi dengan menggunakan aplikasi TRON pada kuartal pertama tahun 2020," tambahnya.

"Kami harapkan dengan hadirnya TRON di Kota Bekasi ini dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk beralih ke angkutan umum," sambungnya.

TRON, kata David, juga dioperasikan oleh supir yang terlatih dan berpengalaman. David menilai, penumpang TRON paling berharga. Sehingga, keselamatan penumpang pun menjadi hal yang serius diperhatikan oleh TRON.

"Ketika Anda memesan kendaraan, kami akan menghubungkan Anda dengan
kendaraan yang terdekat dengan Anda. Saat ini Anda dapat membayar dengan tunai. Tapi ke depannya Anda juga dapat melakukan pembayaran non-tunai melalui KasPro," kata David.

4. Harga promo, cuma bayar Rp3 ribu, lho!

Sah! Angkot Daring Resmi Beroperasi di BekasiIDN Times/Axel Jo Harianja

Lalu berapa tarif yang dikenakan jika menggunakan angkot daring dari TRON?

David mengatakan, bahwa tarif dari TRON tentu jauh lebih murah.

"Jadi, saya kira tarif sekarang pakai TRON itu yang biasanya penumpang bayar Rp4 ribu sekarang dengan TRON, penumpang hanya cukup membayar Rp3 ribu," kata David.

Untuk masa promo akan diberikan harga murah Rp 3.000 dan setelah promo menjadi Rp 5.000. David juga menilai, keberadaan angkot daring tak akan menimbulkan kemacetan. Hal ini karena angkot tidak akan keluar trayek saat menjemput penumpang.

Ia pun membandingkan dengan taksi daring, yang cenderung mangkal di tempat yang ramai masyarakat untuk mencari penumpang dan membuat kemacetan. "Jadi kita sudah survei titik penjemputan. Karena di satu titik itulah penumpang akan berkumpul. Tujuan kita untuk memberikan kepastian agar mereka ingin menjemput," ujarnya.

Aplikasi TRON dapat diunduh melalui Playstore jika menggunakan Android dan Appstore jika menggunakan iOS. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh CEO Digiasia Bios, Hermansjah Haryono, VP Global Partnership VIA, David Adelman, dan Ketua ORGANDA Kota Bekasi, Amat Junaini.

Baca Juga: Kenapa Angkot Makassar Disebut Sebagai Pete-pete?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya