Comscore Tracker

Bawa Anjing ke Masjid, SM Terancam 5 Tahun Penjara

SM tengah diperiksa apakah mengalami gangguan jiwa

Jakarta, IDN Times - Seorang perempuan berinisial SM, 52, sempat menggegerkan dunia maya. Dilansir dari Antara, perempuan itu masuk ke dalam Masjid Al Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (30/6) kemarin, dengan membawa seekor anjing.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika mengatakan, saat ini, SM tengah menjalani pemeriksaan di RS Polri, Kramatjati, Jakarta Timur. SM diperiksa untuk mengetahui kondisi kejiwaannya.

"Apabila saudari SM terbukti tidak mengalami gangguan kejiwaan, akan dikenakan pasal 156 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun," kata Dicky dalam keterangannya yang diterima IDN Times melalui pesan singkat di Jakarta, Senin (1/7).

1. Kronologi peristiwa anjing dibawa masuk masjid

Bawa Anjing ke Masjid, SM Terancam 5 Tahun PenjaraIDN Times/Dok. Humas Polres Bogor

Dicky kemudian memaparkan kronologi peristiwa itu. SM kala itu, memasuki masjid Al Munawaroh dengan membawa seekor Anjing dengan tujuan mencari suaminya. "Atas kejadian tersebut, oleh jamaah, SM diusir keluar masjid, dan tidak lama kemudian petugas polsek yang datang di TKP mengamankan pelaku," ujar Dicky.

SM pun dibawa ke Polres Bogor untuk dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. "Polres Bogor sudah kumpulkan empat orang saksi dari DKM dan jamaah Masjid Al Munawaroh untuk diperiksa," kata Dicky.

Baca Juga: Tega, Pemuda Ini Bobol Kotak Amal Masjid Al Markaz Makassar

2. DKM Al Munawaroh membantah kabar bahwa pihaknya menikahkan suami SM di masjid tersebut

Bawa Anjing ke Masjid, SM Terancam 5 Tahun PenjaraIDN Times/Dok. Humas Polres Bogor

Sementara itu, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Munawaroh Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Raudl Bahar membantah kabar yang menyebut pihaknya telah menikahkan suami dari SM di masjid tersebut.

"Tidak ada kegiatan pernikahan di sini, itu bohong. Oleh karena itu kita harus hati-hati. Mungkin ada pihak-pihak yang akan mengadu domba kita dengan orang lain," ujarnya saat disambangi awak media di Masjid Al Munawaroh, Minggu malam, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Bahar, perempuan itu datang ke masjid sekitar pukul 14.00 WIB dengan berteriak dan menyebutkan bahwa suaminya telah dinikahkan di masjid tersebut. SM, kata Bahar, juga sempat marah lantaran anjing yang diusir oleh jamaah dari dalam masjid hilang dari pandangan dan mengancam tidak mau pulang sebelum anjing miliknya ditemukan.

"Beberapa orang berusaha untuk menenangkan tetapi dia malah lebih galak ketimbang orang yang berusaha menenangkan. Bahkan keamanan di sini ditonjok bibirnya pecah dan giginya juga sedikit terganggu," kata Bahar.

Pihak DKM lantas menghubungi Polsek Babakan Madang untuk menindaknya. SM pun kemudian dibawa oleh anggota polisi ke Polres Bogor untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

3. SM mengklaim suaminya akan menikah di masjid itu

Bawa Anjing ke Masjid, SM Terancam 5 Tahun PenjaraIDN Times/Istimewa

Dalam potongan video yang viral, terlihat perempuan yang mengenakan baju berwarna putih memasuki ruang utama masjid. Ia nampak emosional dan berteriak sembari membawa seekor anjing berwarna hitam.

"Suami gue mau dikawinin di sini," sebut wanita yang belum sempat melepaskan alas kaki itu saat berada di dalam masjid seperti dikutip dari Antara, Senin (1/7).

Pertengkaran pun terjadi antara SM dengan salah satu jamaah ketika SM menurunkan anjingnya ke karpet masjid. SM juga berupaya merekam beberapa jamaah yang mencoba mengusirnya.

Baca Juga: Viral, Perempuan Ini Bawa Anjing ke Masjid dan Tonjok Petugas

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya