Eks Kapolda Bengkulu Supratman Positif Virus Corona, Ini Kata Polri

Polri tegaskan virus corona bukan aib

Jakarta, IDN Times - Mantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Supratman dinyatakan positif terjangkit COVID-19, sehari setelah menjalankan serah terima jabatan (sertijab) di Mabes Polri. Supratman dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol. Teguh Sarwono.

Terkait hal ini, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Argo Yuwono menegaskan, pelaksanaan sertijab sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Jadi, peserta yang mengikuti acara sertijab diukur suhu badan. Hasilnya normal, serta dilakukan rapid test terlebih dahulu dan saat itu hasilnya negatif tidak ada yang reaktif," jelas Argo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (12/5).

Baca Juga: Sempat Sertijab, Eks Kapolda Bengkulu Irjen Supratman Positif COVID-19

1. Tidak ada kontak langsung dengan sesama anggota Polri

Eks Kapolda Bengkulu Supratman Positif Virus Corona, Ini Kata PolriPelantikan Perwira Tinggi Polri, Jumat (8/5) (Dok. Humas Polri)

Argo mengatakan, physical distancing atau jaga jarak juga diterapkan selama sertijab. Selain itu, setiap perwira tinggi (Pati) Polri diberikan mimbar.

''Masing-masing ada IPAD-nya untuk penandatanganan berita acara serah terima jabatan secara online. Tidak ada kontak langsung," katanya.

Argo menjelaskan, Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusokkes) Polri nantinya akan mengambil langkah terhadap 14 Pati Polri yang melakukan sertijab pada Jumat (8/5) lalu.

"Apakah akan di rapid test ulang atau di tes swab, akan dibicarakan," katanya.

2. Polri tegaskan virus corona bukan aib

Eks Kapolda Bengkulu Supratman Positif Virus Corona, Ini Kata PolriKepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Lebih lanjut, Argo berharap, semua orang yang terjangkit virus corona dapat kembali sembuh. Selain itu, polisi kata Argo, berisiko tertular virus corona karena sering bertemu banyak orang.

"Itu risikonya dan kami minta doa dari seluruh masyarakat agar yang terpapar segera diberikan kesembuhan dan segera bisa kembali bekerja. Corona bukan aib. Marilah kita semua berdoa untuk kesembuhannya (Irjen Supratman)," ungkap Argo.

3. Supratman diduga terpapar COVID-19 saat masih bertugas di Bengkulu

Eks Kapolda Bengkulu Supratman Positif Virus Corona, Ini Kata PolriIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Berdasarkan hasil uji swab, nama Supratman masuk dalam daftar 23 orang positif COVID-19. Hal itu diumumkan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu pada Sabtu (9/5) lalu. Jenderal bintang dua itu diduga terpapar virus corona saat masih bertugas di Bengkulu.

"Beliau saat ini dalam kondisi sehat. Beliau juga telepon saya mengatakan jika dia tidak memiliki gejala apa pun. Beliau disiplin melakukan isolasi dan penanganan dengan baik," ucap Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah seperti dikutip dari Antara.

4. Ada 4 perwira polisi lainnya yang dinyatakan positif COVID-19

Eks Kapolda Bengkulu Supratman Positif Virus Corona, Ini Kata PolriIlustrasi (Dok. Humas Polri)

Rohidin menambahkan, selain Supratman, ada empat perwira polisi lainnya di Bengkulu yang dinyatakan positif COVID-19. Dalam rilis tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bengkulu, kasus nomor 36 yang merupakan Supratman itu memiliki riwayat kontak dengan kasus nomor 12. Dia merupakan perwira polisi di Polda Bengkulu.

"Kita sudah mulai melakukan tracing terhadap klaster aparat keamanan ini. Kita akan telusuri siapa saja yang pernah kontak dengan empat aparat yang dinyatakan positif. Ketika data sudah didapat, semuanya akan kita lakukan rapid test dan akan dikarantina," ujar Rohidin.

5. Sempat bertemu Supratman, Gubernur Bengkulu melakukan isolasi mandiri

Eks Kapolda Bengkulu Supratman Positif Virus Corona, Ini Kata PolriMantan Kapolda Bengkulu Irjen Pol Supratman sebelum dinyatakan positif COVID-19 saat mengunjungi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah (Dok. ANTARA News)

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Jaduliwan mengatakan, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sedang menjalani isolasi mandiri.

"Untuk sementara waktu beliau tetap menjalankan protokol penanganan COVID-19 dengan melakukan isolasi mandiri," ujar Jaduliwan.

Jaduliwan memastikan, saat ini kondisi Gubernur Bengkulu dalam keadaan sehat. Dia juga tidak mengalami gejala klinis apa pun terkait COVID-19.

Pertemuan Rohidin dengan Supratman terakhir diketahui pada 5 Mei lalu. Kala itu, Supratman mengunjungi Rohidin di Kantor Gubernur untuk berpamitan pindah tugas ke Mabes Polri. Hingga hari ini, ada 40 orang di Bengkulu yang dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: MUI Bengkulu Tetap Izinkan Umat Muslim Tarawih di Masjid Saat Ramadan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya