Jawaban Habibie Soal Ainun Ini Bikin Hanung Bramantyo Tersentuh

Saking cintanya Habibie kepada Ainun, tak bisa hidup sendiri

Jakarta, IDN Times - Sutradara Hanung Bramantyo mengungkapkan betapa berartinya Ainun Habibie bagi BJ Habibie. Pada saat film 'Habibie dan Ainun' sukses di pasar perfilman Indonesia, Hanung sempat bertanya satu hal kepada Presiden ke-3 RI ini.

"Kenapa tidak mencalonkan diri kembali menjadi presiden setelah film 'Habibie dan Ainun' sukses di pasaran?" ucap Hanung menirukan ucapannya kepada Habibie kala itu, Kamis (12/9).

Jawaban Habibie kemudian membuat Hanung terkejut sekaligus terharu.

"Lalu jawaban eyang yang sangat menyentuh saya, 'Sudah gak ada ibu (Ainun). Saya bisa seperti ini karena ada ibu'. Jadi memang peran istri buat dia sangat berarti sekali,'' kata Hanung.

Hanung pun mengenang sosok Habibie sebagai orang yang sangat jenius.

"Dia seorang jenius tapi bukan berarti hanya berurusan dengan teknologi yang ivonatif, tapi buat saya adalah ketika kita membuat film beliau bilang kepada kita 'Kita di sini sedang tidak bikin pesawat. Kalau kita bikin pesawat semuanya ikut saya. Karena di antara kalian saya yang paling pintar soal pesawat'," ujar Hanung.

Kemudian Habibie melanjutkan, "Tapi soal film, saya akan ikut kamu".

Menurut Hanung, Habibie sama sekali tidak pernah mengintervensi filmnya.

BJ Habibie wafat di usia 83 tahun usai menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto. Habibie diketahui mengalami masalah jantung saat dilarikan ke ICU RSPAD pada 2 September lalu.

Baca Juga: Gara-gara Kopi Buatan Ainun, Habibie Minta Ajudan Putar Balik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya