Jokowi Sebut 3 Bukti Pemerintah Kerja Keras Dukung Ekonomi Digital

Ekonomi digital memberi harapan pertumbuhan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengapresiasi keberhasilan Gojek, yang dinyatakan sebagai perusahaan startup pertama di Indonesia yang kini berstatus Decacorn.

"Saya ingin ucapkan selamat terlebih dulu kepada Gojek, yang menurut CB Insights telah menjadi Decacorn pertama di Indonesia. Dengan valuasi lebih dari USD 10 miliar," ujar Jokowi saat menghadiri acara Mitra Juara Gojek 2019 di Ecovention Park, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (11/4).

1. Pemerintah mendukung ekonomi digital

Jokowi Sebut 3 Bukti Pemerintah Kerja Keras Dukung Ekonomi DigitalIDN Times/Axel Jo Harianja

Dalam kesempatan ini, Jokowi mengatakan, selama 4,5 tahun terakhir pemerintah telah bekerja keras untuk mendukung ekonomi digital. Ia pun memaparkan tiga hal upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mendukung ekonomi digital. 

"Pertama, penyediaan infrastruktur digital, baik lewat broadband kecepatan tinggi, termasuk Palapa Ring yang kita harapkan akan selesai 100 persen di pertengahan 2019. Kedua, kita juga mengerjakan yang namanya penciptaan ekosistem yang mendukung iklim usaha yang nyaman bagi ekonomi digital," kata dia.

Ketiga, kata Jokowi, pemerintah mulai membangun kualitas SDM di digital. Pemerintah juga meminta perusahaan yang sudah maju agar mendukung anak muda untuk go online dan mengadopsi teknologi digital.

Baca Juga: Presiden PKS Sohibul Iman Sindir Kebijakan Jokowi dan Megawati

2. Ekonomi digital memberi harapan pertumbuhan ekonomi Indonesia

Jokowi Sebut 3 Bukti Pemerintah Kerja Keras Dukung Ekonomi DigitalIDN Times/Axel Jo Harianja

Pada 2018, kata Jokowi, ekonomi digital di Indonesia mencapai angka USD 27 miliar. Hal itu menunjukkan ekonomi digital akan sangat memberikan harapan kepada pertumbuhan ekonomi di Indonesia, di antaranya pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Sebuah angka yang sangat besar, dan kita melihat bagaimana ekonomi digital menciptakan peluang bagi UMKM di negara kita untuk berkembang, dan ini disambungkan antara ekosistem offline dan online," kata Presiden.

"Kita lihat contohnya Gojek, tak bisa seperti sekarang tanpa dukungan jutaan mitra UMKM, mitra pengemudi, pekerja di belakang produksi usaha UMKM," kata dia, melanjutkan.

3. Jokowi mengapresiasi perusahaan startup baru yang menggerakkan ekonomi di Indonesia

Jokowi Sebut 3 Bukti Pemerintah Kerja Keras Dukung Ekonomi DigitalIDN Times/Axel Jo Harianja

Dalam acara ini, Gojek menyerahkan penghargaan kepada startup-startup baru yang dinilai membantu perekonomian negara. Di antaranya Wahyoo, Halosis, dan Du'Anyam.

Terkait hal itu, Jokowi pun mengapresiasi atas langkah-langkah yang telah dikembangkan startup-startup tersebut. Ini merupakan bukti teknologi digital memberikan manfaat. "Makanya kita jangan terbelenggu teknologi lama."

"Itu semua adalah contoh anak muda yang bekerja keras dan kolaborasi teknologi digital dan kreativitas, hingga menghasilkan valuasi bisnis bernilai puluhan miliar rupiah. Inilah saatnya startup Indonesia tampil ke regional dan pentas dunia," kata Jokowi.

Baca Juga: Pernah Antar Sate untuk Jokowi, Driver Gojek Ini Diberi Sepeda

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya