Kombes Yusri Yunus Resmi Jabat Kabid Humas Polda Metro Jaya

Yusri menggantikan Argo Yuwono yang menjadi Karopenmas Polri

Jakarta, IDN Times - Empat pejabat perwira menengah (Pamen) Polri menjalani serah terima jabatan (sertijab) di Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (21/11). Salah satunya, Kombes Pol Yusri Yunus yang kini menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya. Sertijab itu langsung dipimpin oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Negara Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila UUD Republik Indoneisa tahun 1945 dan negara Kesatuan Republik. Bahwa saya akan mentaati peruturan perundang- undangan dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian dengan kesadaran dan tanggung jawab," kata mereka menirukan Gatot.

1. Yusri menggantikan Argo Yuwono yang menjadi Karopenmas Polri

Kombes Yusri Yunus Resmi Jabat Kabid Humas Polda Metro JayaArgo dan Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Yusri menggantikan posisi Brigjen Pol Argo Yuwono, yang telah resmi menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humaa Mabes Polri. Yusri berharap, dia dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

"Mudah-mudahan dengan serah terima ini termasuk saya sebagai Kabid Humas, saya mohon dukungan teman-teman semuanya agar bisa sama-sama berbuat baik," kata Yusri usai sertijab.

Awak media lantas bertanya terkait isu-isu yang dihadapi pihak Polda Metro Jaya. Meski begitu, Yusri masih enggan berkomentar. "Nanti siang setelah ini (sertijab) baru (saya jawab). Karena saya baru masuk nanti saya lihat datanya," kata Yusri.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Sebut Penabrak Pengguna GrabWheels Sudah Ditahan

2. Ini rekam jejak Yusri Yunus

Kombes Yusri Yunus Resmi Jabat Kabid Humas Polda Metro JayaKabid Humas Polda Meto Jaya, Komnes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Yusri merupakan polisi yang berpengalaman di bidang hubungan masyarakat (Humas). Sebelumnya, ia menduduki beberapa jabatan strategis. Diantaranya Kapolres Tanjungpinang, Kasubbid Dokliput Bidang Prodok Divisi Humas Polri (2009).

Kemudian Kasubbagopinev Bagpenum Ropenmas Divisi Humas Polri, Dirpamobvit Polda Kepulauan Riau (2013), Kabid Humas Polda Jawa Barat (2016), dan Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri.

3. Argo Yuwono dan ratusan perwira polisi lainnya dimutasi

Kombes Yusri Yunus Resmi Jabat Kabid Humas Polda Metro Jayapolri.go.id

Untuk diketahui, sebanyak 206 perwira polisi dilakukan mutasi oleh Kapolri Jenderal Polisi, Idham Aziz. Keputusan mutasi itu tertuang dalam Surat No: ST/3020/XI/KEP/2019 pada 8 November 2019. Dari 206 perwira itu, Argo Yuwono dimutasi menjadi Karopenmas Mabes Polri.

Beberapa nama perwira lainnya yang muncul di dalam surat tersebut yakni Brigjen Dedi Prasetyo diangkat dengan jabatan baru sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir SSDM Polri. Sedangkan Brigjen E Permadi yang dulunya menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier SSDM Polri, kini diangkat menjadi Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri.

Bahkan, Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) terpilih Firli Bahuri juga mendapatkan kenaikan jabatan. Firli yang dahulu menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan kini menjadi Kabaharkam Polri. Sementara, Komjen Condro Kirono yang menjabat sebagai Kabaharkam Polri akan dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Jabatan Kapolda Sumatera Selatan kini diambil oleh Irjen Priyo Widyanto.

Selain itu, ada juga Kepala Korlantas Polri, Irjen Refdi Andri yang digantikan dengan Brigjen Istiono. Istiono sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Babel dan Refdi akan mengisi jabatan baru sebagai Koorsahli Kapolri.

Ada juga nama lainnya yakni, Irjen Muktiono yang sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli Kapolri diangkat dengan jabatan baru sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Sedangkan Kapolda Kepulauan Babel akan diisi dengan Brigjen Anang Syarif Hidayat. Anang sebelumnya menjabat sebagai Dirpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Kapolresta Bandara Internasional Soekarno-Hatta, AKBP Arie Arian Rishadi dimutasi menjadi Kapolres Metro Jaktim dan posisi sebelimnya digantikan oleh AKBP Adi Ferdian Saputra yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar Ro SDM Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Kapolda Kaltim Diganti, Kapolda Baru Ahli Intelijen

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya