Listrik Padam, 19 Lampu Rambu Lalu Lintas di Jakarta Belum Berfungsi

Polantas mengerahkan ratusan personel antisipasi kemacetan

Jakarta, IDN Times - Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya AKBP M Nasir mengatakan, sejumlah traffic light atau lampu rambu lalu lintas belum berfungsi akibat pemadaman listrik. Beberapa wilayah di Jakarta masih mengalami pemadaman listrik sejak Minggu (4/8).

"Tadi pagi pukul 6-7 pagi. Masih 19 titik yang belum normal," ujar Nasir saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (5/8).

Baca Juga: Listrik Padam, Layanan BCA Mobile Terganggu hingga Senin Pagi

1. Sebanyak 363 personel Polantas dikerahkan antisipasi kemacetan

Listrik Padam, 19 Lampu Rambu Lalu Lintas di Jakarta Belum BerfungsiIDN Times/Abdurrahman

Nasir menjelaskan, untuk mengantisipasi kemacetan akibat belum berfungsinya traffic light, pihaknya mengerahkan 363 personel polisi lalu lintas (Polantas).

Setidaknya ada tujuh traffic light yang belum berfungsi di wilayah Jakarta Pusat, lima di wilayah Jakarta Barat, dua di Jakarta Utara dan Jakarta Timur, serta tiga di wilayah Jakarta Selatan.

2. Traffic light yang belum berfungsi kemungkinan masih bertambah

Listrik Padam, 19 Lampu Rambu Lalu Lintas di Jakarta Belum BerfungsiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Namun, kata Nasir, pihaknya belum dapat memastikan kapan beberapa traffic light kembali berfungsi. Sebab, pasokan listrik hingga kini belum stabil.

"Ini bisa bertambah dan bisa berkurang. Listrik belum stabil," kata dia.

3. Sejumlah wilayah di Indonesia mengalami pemadaman listrik sejak Minggu (4/8)

Listrik Padam, 19 Lampu Rambu Lalu Lintas di Jakarta Belum BerfungsiIDn Times/Helmi Shemi

Pasokan listrik ke Jakarta dan sejumlah daerah di Jawa Barat mendadak padam pada Minggu (4/8) pukul 11.50 WIB. Bahkan, beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Depok masih mengalami pemadaman hingga Senin (5/8) pagi.

PLN menyebutkan putusnya pasokan listrik karena ada gangguan di sejumlah turbin di Suralaya, Cilegon. Pembangkit Listrik Tenaga Gas di Cilegon juga mengalami masalah serupa.

Akibatnya, aliran listrik ke Jabodetabek terganggu. Selain itu, daerah lain di Jawa Barat juga mengalami nasib serupa. Daerah-daerah tersebut yakni Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa gardu induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, Minggu (4/8).

Pasokan listrik hari ini sudah berangsur normal, tetapi sejumlah titik hingga pagi ini mengalami pemadaman listrik kembali.

Baca Juga: Teguran Jokowi ke PLN: Listrik Padam Rusak Reputasi Kita 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya