Comscore Tracker

Makamkan Korban COVID-19, Polisi Ini Diberi Hadiah oleh Kapolri

Bripka Jerry tak gunakan APD yang sesuai standar kesehatan

Jakarta, IDN Times - Aksi seorang polisi, Bripka Jerry Tumundo, mendapat sorotan beberapa waktu lalu. Polisi yang menjabat sebagai Kanit Reskrim Polsek Dimembe Polres Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) ini, ikut membantu memakamkan jenazah korban COVID-19. Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis pun memberikan apresiasi kepada Bripka Jerrry.

1. Berawal dari jenazah korban COVID-19 yang belum dimakamkan hingga dua jam

Makamkan Korban COVID-19, Polisi Ini Diberi Hadiah oleh KapolriDok. Istimewa

Aksi Bripka Jerry berawal ketika ada jenazah korban COVID-19, yang sempat tertunda selama dua jam untuk dimakamkan. Pada Jumat (10/4) lalu, jenazah tiba di pemakaman dengan diantar oleh seorang petugas berpakaian hazmat. Namun, petugas lain yang bertugas memakamkan tak kunjung datang.

2. Bripka Jerry tak gunakan APD yang sesuai protokol kesehatan

Makamkan Korban COVID-19, Polisi Ini Diberi Hadiah oleh KapolriDok. Istimewa

Warga setempat yang melihat peristiwa itu tak berani membantu memakamkan jenazah. Hal ini karena masyarakat tidak memiliki alat pelindung diri (APD) sesuai protokol kesehatan.

Bripka Jerry yang datang bersama Kapolsek, akhirnya menginisiasi untuk membantu proses pemakaman meski menggunakan APD yang tidak sesuai standar protokol kesehatan.

3. Langsung dihubungi Kapolri lewat video call

Makamkan Korban COVID-19, Polisi Ini Diberi Hadiah oleh KapolriKapolri menghubungi Bripka Jerry yang memakamkan korban COVID-19 (Dok. Istimewa)

Aksi heroik Bripka Jerry viral di media sosial dan sampai ke telinga Idham Azis. Mantan Kapolda Metro Jaya itu langsung menghubungi Bripka Jerry lewat video call. Idham menanyakan kabar dari Bripka Jerry dan dijawab bahwa dirinya dalam keadaan baik dan sehat.

Selanjutnya, Idham mengapresiasi aksi Bripka Jerry.

"Selamat, saya atas nama pribadi sama institusi Polri mengucapkan terima kasih dan respek sama hasil kerja kemanusian Pak Jerry Tumundo. Saya terima kasih, seluruh anggota Polri bangga atas ketulusan dan keihklasan kamu bekerja membantu memakamkan kobran akibat COVID-19," kata Idham kepada Bripka Jerry.

4. Dihadiahi sekolah inspektur kepolisian tahun depan

Makamkan Korban COVID-19, Polisi Ini Diberi Hadiah oleh KapolriPiagam Penghargaan untuk Bripka Jerry (Dok. Humas Polri)

Idham kemudian menanyakan apakah Jerry sudah berkeluarga. Jerry mengatakan, dia sudah berkeluarga dan memiliki tiga orang anak.

"Ngana tinggal di mana? Di Minahasa Utara itu?," tanya Idham lagi.

Jerry pun menjawab bahwa dirinya tinggal di Desa Wusa, Kecamatan Talawaan, Minahasa Utara. Idham kembali bertanya apakah Jerry sudah pernah mendaftar sekolah kepolisian. Jerry menjelaskan, dirinya belum pernah mendaftar sama sekali.

"Saya nanti buatkan surat teleskoting buat ngana. Nanti tahun depan masuk SIP (sekolah inspektur polisi) ya. Sampaikan sama istri, sama Kapolsek, sama Kapolres. Besok suratnya saya kirim ke Kapolda," ujar Idham.

“Siap, Jenderal. Terima kasih Jenderal,” sahut Bripka Jerry.

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya