Comscore Tracker

Menilik Stasiun MRT Jakarta di Lebaran Hari Ke-3

Ternyata, dipadati masyarakat!

Jakarta, IDN Times - Sejak beroperasi secara komersial pada 1 April 2019 lalu, Moda Raya Terpadu (MRT) menjadi salah satu transportasi publik yang digunakan masyarakat ibu kota sebagai transportasi pilihan. Baik untuk berangkat dan pulang kerja, maupun sekadar menikmati transportasi publik tersebut.

Mungkin, beberapa orang lebih memilih meninggalkan Jakarta atau pulang ke kampung halaman untuk menikmati hari lebaran. Namun, hal itu tak berlaku bagi sebagian masyarakat yang lebih memilih tetap di ibu kota ataupun pendatang yang berlibur menggunakan MRT.

Baca Juga: Lonjakan Kendaraan Tercatat Tinggalkan Jakarta di Hari Pertama Lebaran

1. Start dari Stasiun MRT Dukuh Atas BNI

Menilik Stasiun MRT Jakarta di Lebaran Hari Ke-3IDN Times/Axel Jo Harianja

IDN Times pun mencoba meninjau beberapa stasiun MRT di Jakarta pagi ini, Jumat (7/6). Perjalanan dimulai dari Stasiun MRT Dukuh Atas BNI. Pantauan di sekitar lokasi sejak pukul 10.15 WIB, tak begitu banyak masyarakat yang berangkat ataupun datang dari stasiun yang diresmikan Gubernur Anies Baswedan pada 30 April 2019 itu.

2. Merasakan MRT untuk pertama kalinya

Menilik Stasiun MRT Jakarta di Lebaran Hari Ke-3IDN Times/Axel Jo Harianja

Pada pukul 10.25 WIB, MRT yang saya tumpangi pun mulai berangkat. Situasi di dalam gerbong cukup nyaman dan tak berdesakan. Seorang penumpang bernama Dina (19), mengaku baru pertama kali merasakan naik MRT.

"Baru pertama. Ini juga karena keluarga besar semua kumpul di Jakarta. Jadi sekalian saja jalan-jalan naik MRT. Mau belanja ke Blok M," ujar dia kepada IDN Times.

3. Sekadar menikmati MRT

Menilik Stasiun MRT Jakarta di Lebaran Hari Ke-3IDN Times/Axel Jo Harianja

Berbeda dengan Doni (40), pria asli Jakarta itu hanya ingin menikmati MRT tersebut bersama keluarganya.

"Ini tadi dari (Stasiun Bundaran) HI mau ke (Stasiun) Lebak Bulus. Abis itu balik lagi ke HI," jelas Doni kepada IDN Times sambil tertawa.

Ia pun merasa bangga, Indonesia baginya tak kalah maju dibanding luar negeri berkat adanya MRT.

"Mantaplah. Kayak Singapura," kata Doni lagi.

4. Stasiun MRT Lebak Bulus dipadati masyarakat

Menilik Stasiun MRT Jakarta di Lebaran Hari Ke-3IDN Times/Axel Jo Harianja

Pukul 10.50 WIB, IDN Times pun tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus. Berbeda dengan stasiun-stasiun lainnya, Lebak Bulus sangat dipadati oleh masyarakat. Bahkan, saya pun harus mengantre cukup lama agar bisa keluar dari stasiun tersebut.

Ditemui di lokasi, Nurdin (30) warga asli Jakarta itu memilih untuk berswafoto bersama keluarganya sambil menunggu antrian.

"Lama banget (ngantrinya). Mending foto-foto dulu kita di sini. Jangan difoto sayanya ya, mas. Nanti viral," ucap dia kepada IDN Times.

5. Stasiun Bundaran HI juga dipadati masyarakat

Menilik Stasiun MRT Jakarta di Lebaran Hari Ke-3IDN Times/Axel Jo Harianja

Tak lama berselang, saya kembali melanjutkan perjalanan menuju stasiun MRT Bundaran HI. Setibanya di sana sekitar pukul 11.40 WIB, antrean menuju pintu keluar maupun masuk mengular.

Sambil mengantre, Riska (18) mengatakan, dirinya sengaja mengunakan MRT untuk pergi ke sebuah pusat perbelanjaan yang tak jauh dari stasiun tersebut. Wanita asal Cirebon ini mengaku, sudah ada di Jakarta sejak hari pertama lebaran.

"Mau ke Grand Indonesia. Ya, sambil nikmati fasilitas publiklah ya sama keluarga aku di sini," kata Riska.

Dari ketiga stasiun yang saya hampiri itu, juga dipastikan bebas dari sampah. Masyarakat pun terlihat sudah mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan.

6. Hari kedua lebaran, jumlah penumpang MRT capai 83 ribu orang

Menilik Stasiun MRT Jakarta di Lebaran Hari Ke-3IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sementara itu, berdasarkan data yang dipaparkan oleh Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin, jumlah penumpang pada hari kedua lebaran, Selasa (6/6) kemarin mencapai angka 83 ribu orang.

"Jumlah penumpang kemarin 83 ribu dalam sehari," ungkap Kamal saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (7/7).

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan hari pertama lebaran, yakni Rabu (5/6) yang hanya mencapai angka 48 ribu orang.

"5 Juni di pagi harinya, penumpang masih jarang karena masih salat Idul Fitri, baru ramai siang dan sore," sambung Kamal.

Selain itu, Kamal pun menambahkan bahwa jumlah penumpang MRT pada bulan Mei lalu mencapai 127 ribu orang setiap harinya.

"Bulan lalu akhir pekan sekitar 50 ribu penumpang per hari. Bulan lalu juga hari kerja sekitar 77 ribu penumpang per hari," jelas Kamal.

Baca Juga: Sukacita Keuskupan Agung Semarang Rayakan Idulfitri

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Elfida

Just For You