Polisi Tetapkan Satu Tersangka Aktor Intelektual Kerusuhan di Papua

Tersangka adalah mantan ketua BEM Universitas Cenderawasih

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya menetapkan satu orang tersangka berinisial FBK, terkait kasus kerusuhan di Papua.

"(FBK) Dia masuk ke dalam kategori sebagai aktor intelektual di lapangan, menggerakkan beberapa tokoh yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua yang ada di Jawa maupun yang terkoneksi di Papua juga," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (9/9).

Baca Juga: Mahasiswa Papua Temukan Karung Berisi Ular di Depan Asrama

1. FBK ditangkap di Papua

Polisi Tetapkan Satu Tersangka Aktor Intelektual Kerusuhan di PapuaIDN Times/Muhammad Khadafi

Dedi menjelaskan, FBK ditangkap di Papua saat akan berangkat ke Wamena. Dia juga dinilai melakukan provokasi secara langsung. Terkait dugaan provokasi melalui media sosial, polisi masih mendalaminya.

"Dia menggerakkan dari sisi akar rumput (masyarakat atau komunitas tertentu). Kemudian, (FBK) menggerakkan dari (sisi) aktor lapangan kerusuhan yang ada di Jayapura maupun di beberapa wilayah di Papua," jelas Dedi.

2. FBK merupakan mantan ketua BEM Universitas Cenderawasih

Polisi Tetapkan Satu Tersangka Aktor Intelektual Kerusuhan di Papua(Kadiv Humas Mabes Polri Irjen (Pol) M. Iqbal) IDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya sudah menahan FBK. Dia merupakan mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Cenderawasih (Uncen).

"Yang bersangkutan juga diindikasikan masuk dalam jaringan di dalam dan luar negeri," kata  Iqbal di Jayapura, Jumat (6/9) lalu, seperti dikutip dari Antara.

"Penegakan hukum akan dijalankan sebagaimana mestinya," sambung Iqbal.

3. Rektor Uncen belum mengetahui ada mahasiswa ditangkap

Polisi Tetapkan Satu Tersangka Aktor Intelektual Kerusuhan di PapuaIDN Times/Muhammad Khadafi

Dikonfirmasi terpisah, Rektor Uncen Apolo Safanpo kepada Antara mengaku, hingga saat ini belum ada laporan tentang mahasiswa Universitas Cenderawasih yang ditangkap.

“Belum ada laporan tentang adanya mahasiswa Uncen yang diamankan polisi,” ujar Safanpo.

Baca Juga: Pemerintah Akan Perbaiki Toko Hingga Rumah yang Terimbas Demo Papua

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya