Comscore Tracker

Polri: Pemilu 2019 Berlangsung Kondusif

Tidak ada insiden yang mengganggu keamanan nasional

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan proses pemungutan suara serentak pemilihan umum (Pemilu) 2019 berlangsung secara kondusif.

"Ya baik secara umum untuk situasi Kamtibmas (Keamanan Ketertiban Masyarakat Indonesia) di Indonesia baik dari Sabang sampai Merauke Alhamdulilah berjalan dengan sangat kondusif, ada beberapa kejadian aja sudah tertangani dengan baik," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (18/4).

1. Insiden dalam pemilu tak mengganggu keamanan nasional

Polri: Pemilu 2019 Berlangsung KondusifKaro Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo (Axel Jo Harianja/IDN Times)

Dedi mengatakan memang ada beberapa kejadian yang tidak terduga seperti kisruh antar pendukung di Sampang, Jawa Timur, dan penganiayaan terhadap petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Blitar. Meski begitu, kejadian itu bisa diselesaikan dengan cepat oleh aparat keamanan.

"Semua pelaku sudah ditangkap dan saat ini menjalani penyidikan yang dilakukan oleh Polres setempat. Secara umum seperti itu situasi sangat kondusif. Kejadian-kejadian berarti di seluruh wilayah di Indonesia tidak ada yang sampai eskalasinya mengganggu keamanan secara nasional," jelas Dedi.

Baca Juga: Jadi Trending Topik di Twitter, Netizen Cari Sandiaga Uno 

2. Dedi mengapresiasi masyarakat dan aparat karena pemilu 2019 berjalan damai

Polri: Pemilu 2019 Berlangsung KondusifKaro Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Dedi pun mengapresiasi masyarakat serta kerja keras aparat yang telah bertugas mengamankan jalannya pemilu 2019 sehingga dapat berlangsung dengan damai.

"Kita berterima kasih dengan masyarakat Indonesia, berterima kasih kepada seluruh anggota Kepolisian dan TNI yang sudah bekerja sangat keras dalam rangka mengamankan seluruh tahapan pemilu," katanya.

3. Polri masih mengamankan sejumlah TPS di Papua yang melakukan PSU

Polri: Pemilu 2019 Berlangsung KondusifIDN Times/ Mela Hapsari

Dedi menambahkan, hingga saat ini aparat Kepolisian masih melakukan pengamanan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya di Papua. Pengamanan itu dilakukan untuk mengamankan proses pemungutan suara ulang (PSU).

PSU kata Dedi dilakukan karena pada Rabu(17/4) kemarin, terjadi keterlambatan dalam pendistribusian logistik untuk pemilu yang ada di wilayah Papua. Keterlambatan itu disebabkan karena adanya perubahan cuaca yang sangat ekstrem.

"Ya sehingga logistik pemilu tidak bisa sampai ke TPS. Hari ini apabila seluruh distribusi logistik sampai ke TPS, maka akan dilakukan PSU. Aparat Kepolisian sudah menyiapkan rencana pengamanan, sesuai dengan kriteria kerawanan yang ada di Papua," ungkap Dedi.

"Di Papua hanya ada dua yang rawan. Yakni rawan dan sangat rawan. Pola-pola pengamanan tentunya sudah dipersiapkan dengan matang oleh jajaran polda Papua," sambung Dedi.

Baca Juga: Akun Hoaks Meningkat 40 Persen Sejak Quick Count Pemilu 2019 Dirilis

Topic:

  • Dwi Agustiar

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You