Sandiaga dan Relawan Bagikan Bansos di Kawasan Kumuh Jakarta Selatan

Zona merah COVID-19 lainnya masih dipetakan para relawan

Jakarta, IDN Times - Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 hari ini memberikan bantuan sosial (bansos) di permukiman kumuh dan padat penduduk di kawasan Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Kami ingin membantu warga yang belum tersentuh bantuan pemerintah, di antaranya warga yang ada di Jalan Logam ini,” ujar Ketua Umum Rumah Sandiuno, Sanny A Irsan, Jumat (8/5).

1. Akan memberikan bantuan lagi di Kepulauan Seribu

Sandiaga dan Relawan Bagikan Bansos di Kawasan Kumuh Jakarta SelatanRelawan Indonesia Bersatu Covid-19 beri bantuan di lokasi kumuh (Dok. Istimewa)

Bantuan yang diberikan hari ini terdiri dari beras sebanyak 100 kilogram, 500 masker, 100 liter hand sanitizer, 200 nasi bungkus untuk berbuka puasa, serta 30 liter cairan disinfektan.

Sebelumnya, pihaknya melakukan aksi yang sama di wilayah Bekasi, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan berbagai wilayah lain di Indonesia.

“Pekan depan kami akan melakukan lagi di Kepulauan Seribu. Kami ingin mengisi kekosongan yang belum tersentuh bantuan pemerintah. Diharapkan bantuan bisa diterima dengan merata,” ungkap Sanny.

Baca Juga: Sandiaga Siapkan 13 Dokter untuk Rapid Test di Bandara Soekarno-Hatta

2. Targetkan salurkan bantuan hingga 50.000 paket sembako

Sandiaga dan Relawan Bagikan Bansos di Kawasan Kumuh Jakarta SelatanRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 menggelar rapid test massal di lahan parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara (Dok. Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19)

Sebelumnya, Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya menargetkan membagikan 20.000 paket sembako.

Namun, Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 akan menambah target bantuan jadi 50.000 paket. Tak hanya itu, 10 juta masker juga ditargetkan dibagikan di wilayah zona merah lainnya.

"Mudah-mudahan, data-data yang tidak ter-cover oleh bantuan sosial dari pemerintah bisa ditutup dari gerakan para relawan," katanya.

3. Sandiaga dan relawan masih memetakan zona merah COVID-19 lainnya

Sandiaga dan Relawan Bagikan Bansos di Kawasan Kumuh Jakarta SelatanANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Saat ini, ada 1.200 orang yang tergabung dalam Relawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19. Selain di Jakarta, pihaknya sudah membagikan bantuan di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, dan Bekasi, Jawa Barat.

"Data terakhir yang kami dapat dari relawan bahwa bantuan pemerintah itu mungkin bisa cover 80 persen dari masyarakat yang berhak. Sehingga, hal ini harus ditutup dengan gerakan para relawan," ungkap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca Juga: Sandiaga dan Relawan Bagikan Paket Sembako ke Nelayan di Jakarta Utara

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya