Comscore Tracker

Seknas Jokowi dan LPIPB Kecam Tindakan Penusukan terhadap Wiranto

Wiranto masih menjalani perawatan di RSPAD Jakarta Pusat

Jakarta, IDN Times - Sekelompok elemen masyarakat yang terdiri dari Lembaga Pengkajian Informasi Pembangunan Bangsa (LPIPB), Seknas Jokowi DKI Jakarta, dan Seknas Dakwah Jokowi Jabodetabek, menyoroti peristiwa penyerangan yang menimpa Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Jenderal (Purn) TNI, Wiranto.

Ketua LPIPB, Monisyah Hutabarat, mengatakan pihaknya mengutuk keras tindakan yang diduga dilakukan oleh teroris tersebut.

"Sebagai anak bangsa kami mengutuk tindakan biadab dan perbuatan radikal terhadap pejabat tinggi negara ini. Kami tidak menyalahkan siapa pun, tapi kami berharap ke depan aparat keamanan dapat meningkatkan pengamanan terhadap pejabat negara," ujar Monisyah dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times di Jakarta, Jumat (11/10).

1. Semua masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan

Seknas Jokowi dan LPIPB Kecam Tindakan Penusukan terhadap WirantoANTARAFOTO/M Risyal Hidayat)

Menilik peristiwa itu, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat agar meningkatkan kewaspadaannya, terhadap kelompok-kelompok radikal.

"Apalagi menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada tanggal 20 Oktober nanti. Kami pengurus LPIPB mengajak seluruh pendukung Jokowi-H. Ma'ruf Amin pada Pilpres yang lalu untuk mengawal dan menyukseskan pelantikan ini," jelasnya.

Baca Juga: Mabes Polri Bantah Insiden Penusukan Wiranto Direkayasa

2. Seknas Jokowi menduga ada pihak yang tak suka pemerintahan saat ini

Seknas Jokowi dan LPIPB Kecam Tindakan Penusukan terhadap WirantoANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Sementara itu, Sekretaris Seknas Jokowi Jon Sinaga menilai, ada pihak-pihak yang tidak menyukai pemerintahan saat ini.

"Kalau pun ada rasa suka dan tidak suka itu adalah pilihan. Tapi janganlah kita melakukan tindakan anarkis untuk menunjukkan jati diri," Ungkapnya.

"Kita bangga beberapa negara mengakui demokrasi di Indonesia sudah sangat baik, perlu dicontoh, tapi mengapa sekarang terjadi anarkisme terhadap individual?," lanjut Jon.

Jon juga meminta, aparat kepolisian lebih berhati-hati lagi dan teliti, jika melihat adanya kelompok-kelompok radikalisme.

3. Penyerangan terhadap Wiranto dinilai sebagai upaya penghalanan pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Seknas Jokowi dan LPIPB Kecam Tindakan Penusukan terhadap WirantoANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Seknas Dakwah Jokowi DKI Jakarta, Ustaz Rizal Maulana menganggap peristiwa yang menimpa Wiranto bukanlah dendam pribadi melainkan upaya untuk menggagalkan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Kiai Ma'ruf Amin.

"Bagi saya ini adalah upaya salah satunya untuk menjegal pelantikan Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin. Kami seluruh komponen ulama Seknas Dakwah Jokowi sangat mengimbau agar menerapkan hukum setegak-tegaknya," tegasnya.

Sebelumnya, seperti sudah diberitakan, Wiranto, ditusuk oleh orang tak dikenal. Peristiwa itu terjadi di Pandeglang, Banten dan viral di media sosial. Kini, Wiranto tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat.

Baca Juga: Imbas Penusukan Wiranto, Anak Pelaku Penusuk Dibawa oleh Polwan

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You