Comscore Tracker

Wakabareskrim Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP, Ini Penjelasan Polri

Edhy Prabowo tegaskan pergantian Sekjen hal yang biasa

Jakarta, IDN Times - Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri, Irjen Pol Antam Novambar didapuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Rabu (26/2) kemarin.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra mengatakan, pelantikan itu langsung dipimpin oleh Menteri KKP, Edhy Prabowo.

"Saat ini beliau juga masih aktif melaksanakan tugas selaku Wakabareskrim. Mekanisme berikutnya, sementara beliau menjadi Pelaksana Tugas Sekjen KKP," kata Asep di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/2).

1. Antam mengisi kekosongan jabatan Sekjen KKP

Wakabareskrim Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP, Ini Penjelasan PolriKepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol. Asep Adi Saputra (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Asep menjelaskan, dipilihnya Antam guna mengisi kekosongan jabatan Sekjen KKP yang ditinggalkan Nilato Perbowo. Nilato sendiri, telah diangkat menjadi Direktur Jenderal Penguatan Daya Produk Kelautan dan Perikanan. 

"Nanti apabila ada sebuah rotasi jabatan atau mutasi, beliau (Antam) akan meninggalkan Polri lalu bertugas di KKP secara penuh, tidak lagi Plt," jelas Asep.

Baca Juga: Menteri KKP Buka Ekspor Benih Lobster, Susi Pudjiastuti Istigfar

2. Antam tak harus mundur dari Polri masih berstatus Plt

Wakabareskrim Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP, Ini Penjelasan PolriDoc. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

Lebih lanjut, Asep menegaskan, Antam belum perlu mundur dari Korps Bhayangkara. Ini karena, Antam akan pensiun dari Polri mulai tahun ini. Selain itu, Antam juga masih berstatus sebagai Plt Jika nantinya sudah berstatus sebagai Sekjen definitif, Antam diharuskan mundur dari jabatannya di kepolisian.

"Ya karena ketentuannya tidak boleh double atau rangkap jabatan," ucap Asep.

3. Edhy Prabowo tegaskan pergantian sekjen hal yang biasa

Wakabareskrim Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP, Ini Penjelasan PolriIDN Times/khaerul anwar

Sebelumnya, Edhy Prabowo menegaskan, pergantian Sekjen KKP merupakan hal yang biasa dalam organisasi. Dia mengajak seluruh jajarannya untuk selalu berpikir dan berwawasan terbuka.

"Kita diberikan mandat, bidang yang sangat membanggakan, dan saya berharap kebersamaan dan kekompakan menjadi kunci semangat kita," kata Edhy dalam keterangan tertulisnya kemarin.

4. Siapa Antam Novambar?

Wakabareskrim Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP, Ini Penjelasan PolriANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Antam merupakan lulusan akademi kepolisian (Akpol) tahun 1985. Selama 33 tahun di menjalani karier di Korps Bhayangkara, kegiatan Antam didominasi pada bidang reserse. Dari penelusuran IDN Times, Antam juga pernah menjabat sebagai Dirkrimum Polda Maluku, pada 2007.

Setelah lama bertugas di Polda Maluku, ia pun menjadi penyidik di Direktorat Kriminal Khusus Bareskrim Mabes Polri. Antam juga pernah menjabat sebagai Dirkrimum Polda Bali dan bertugas di Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Antam pun kemudian memperoleh pangkat Jenderal bintang dua saat bertugas menjadi Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) sejak 2016 lalu. Pada akhir 2019 lalu, Antam pernah mengikuti seleksi calon pimpinan (Capim) KPK untuk periode 2019-2023. Namun, dia tak lolos.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Luhut Bantah Kapal Asing Masuk Perairan Kita karena Menteri KKP Baru

Topic:

  • Axel Joshua Harianja
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya