Apa Benar Gayus Tambunan Kabur Dari Penjara?

Jeli dulu, sebelum nge-judge.

Baru-baru ini nama Gayus Tambunan kembali menjadi bahan pembicaraan. Hal ini disebabkan lantaran fotonya yang sedang duduk-duduk di sebuah restoran pada tanggal 9 Mei 2015 tersebar di sosial media. Gayus Tambunan seharusnya divonis 30 tahun penjara atas berbagai kasus yang melibatkan dirinya.

Apa Benar Gayus Tambunan Kabur Dari Penjara?Sumber Gambar: sosialberkarya.wordpress.com

Foto pria yang mirip Gayus Tambunan tersebut diambil dari facebook Baskoro Endrawan. Pada foto tersebut terlihat Gayus menggunakan kaos berwarna biru dan sebuah topi. Gayus bersama dengan dua orang perempuan sedang duduk-duduk di sebuah restoran. 

Apa Benar Gayus Tambunan Kabur Dari Penjara?Sumber Gambar: jpnn.com

Sebelum meng-judge orang tersebut benar Gayus Tambunan atau tidak, kita harusnya lebih jeli terhadap berita yang belum jelas kepastiannya. Kecanggihan teknologi yang hampir tidak ada batasnya membuat segala sesuatu bisa dilakukan termasuk mengedit wajah pada sebuah foto.

Apa Benar Gayus Tambunan Kabur Dari Penjara?Sumber Gambar: detik.com

Kalau memang benar pria yang ada di dalam foto tersebut adalah Gayus Tambunan, maka yang harus dipertanyakan sekarang adalah dimana kekuatan hukum Indonesia? Sebab menurut Kahumas Dirjen PAS Akbar Hadi Prabowo, proses izin keluar narapidana dari lapas cukup rumit. Perlu diadakannya pertemuan untuk membicarakan disetujui atau tidaknya narapidana itu bisa keluar lapas untuk suatu kepentingan. Dengan proses tersebut, apakah seorang tahanan yang divonis 30 tahun penjara dapat keluar penjara dengan mudahnya untuk sekedar makan di restoran?

UPDATE: Dilansir dari metrotvnews.com, Kahumas Dirjen PAS Akbar Hadi Prabowo membenarkan bahwa Gayus Tambunan keluar penjara tanggal 9 September 2015 untuk menghadiri sidang cerai. Akbar juga menegaskan tidak ada narapidana atas nama Gayus Tambunan yang keluar lapas pada tanggal 9 Mei 2015.

Topik:

Berita Terkini Lainnya