Setelah 21 Tahun, Kini Kamu Bisa Melihat Lagi Gerhana Matahari di Indonesia

Kalau kamu dulu masih kecil dan gak ngerti, sekarang sudah bisa selfie bareng gerhana

Gerhana matahari adalah sebuah peristiwa alam yang ditandai dengan tidak adanya cahaya matahari karena ditutupi oleh bulan. Dengan kata lain, gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada di antara bumi dan matahari. Maka bisa dipastikan kondisi bumi pada saat itu akan gelap pada siang hari. Fenomena ini tidak terjadi di semua belahan bumi. Namun untuk tahun ini, kamu bisa menikmati gerhana matahari di Indonesia.

Setelah 21 Tahun, Kini Kamu Bisa Melihat Lagi Gerhana Matahari di IndonesiaSumber Gambar: fanssharecom

Kejadian Gerhana Matahari Total (GMT) sudah sering terjadi di Indonesia. GMT ini biasanya dapat disaksikan dengan jelas di beberapa daerah di Indonesia. Seperti dilansir tekno.tempo.co, tahun 1901 merupakan tahun pertama GMT tercatat melalui wilayah Indonesia yaitu di daerah Padang, Jambi, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Palu, dan Ambon. Setelah itu GMT terekam melalui wilayah Indonesia pada tahun 1926, 1929, 1934, 1962, 1983, 1984, 1988 dan 1995.

Setelah 21 Tahun, Kini Kamu Bisa Melihat Lagi Gerhana Matahari di IndonesiaSumber Gambar: iskywatch.com

Setelah 21 tahun lamanya, pada tahun 2016 ini Indonesia akan dilalui kembali oleh Gerhana Matahari Total (GMT). Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) GMT akan dialami Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016. GMT ini termasuk istimewa, karena hanya di Indonesia saja GMT terlihat di wilayah daratan. Sedangkan di wilayah lain hanya terlihat di wilayah laut, seperti Lautan Hindia dan Pasifik. Untuk kamu yang berada di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Bengkulu, Jambi dan Bangka Belitung, berbahagialah! Karena GMT ini akan terlihat sangat jelas di daerahmu.

Baca Juga: 18 Fenomena Alami Bumi Ini Bisa Bikin Kamu Takjub dan Merinding!

Setelah 21 Tahun, Kini Kamu Bisa Melihat Lagi Gerhana Matahari di IndonesiaSumber Gambar: rovicky.wordpress.com

Fenomena GMT ini juga memberikan perbedaan tentang apa yang dilakukan masyarakat di zaman dahulu dan sekarang. Jika dahulu, masyarakat sering melakukan mitos-mitos yang sudah dipercaya turun temurun terkait GMT seperti ibu hamil yang tidak boleh keluar rumah, dewa yang sedang marah atau menandakan akan terjadinya suatu bencana yang besar. Masyarakat saat ini akan mengapresiasi GMT dengan lebih banyak mengambil foto atau merekam untuk mengabadikan momen GMT. Bahkan akan ada yang selfie atau wefie di bawah GMT. Karena GMT adalah momen langka yang entah kapan lagi kita bisa melihatnya. 

Setelah 21 Tahun, Kini Kamu Bisa Melihat Lagi Gerhana Matahari di IndonesiaSumber Gambar: belitungwonderful.com

Gerhana matahari total tahun ini bisa menjadi sarana untuk mengingat kebesaran Tuhan, memahami fenomena alam dan ilmu pengetahuan serta menyadari bahwa Indonesia itu istimewa. Selamat menunggu GMT 43 hari lagi.

Baca Juga: Apakah Kamu Rela Melihat Keindahan Alam Indonesia Memudar dan Habis?

Topik:

Berita Terkini Lainnya