Personalisasi Pengalaman Belajar, Jadi Cara BRI Kembangkan Kompetensi 

BRI Corporate University mendapat pengakuan global

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui BRI Corporate University (BRI Corpu) menjadi pembicara di Forum Corporate Learning Improvement Process (CLIP) Steering Committee Meeting yang diselenggarakan pada 25 Maret 2021 secara virtual. 

CLIP sendiri merupakan badan akreditasi internasional dibentuk oleh European Foundation for Management Development (EFMD) yang bertujuan menilai kualitas sebuah corporate university

Selain BRI, forum tersebut juga dihadiri CLIP steering committee yang berasal berbagai perusahaan dan lembaga pendidikan lain, seperti Sberbank, Santander, IMD, Faurecia, AIA Group, Bank Indonesia, dan Pertamina.

1. Fokus pada personalized learning experience

Personalisasi Pengalaman Belajar, Jadi Cara BRI Kembangkan Kompetensi BRI Corporate University. (Dok.BRI)

Dalam forum tersebut BRI Corpu menyampaikan roadmap hingga tiga tahun ke depan. Selain itu, pada tahun ini mereka akan berfokus pada personalized learning experience agar bisa menyediakan konten pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan dan aspirasi karier setiap pekerja. 

Rencana tersebut bisa dijalankan dengan memanfaatkan Learning Management System (LMS) BRIsmart. Pada sistem tersebut, BRI Corpu menyediakan dashboard khusus yang menggambarkan kompetensi serta kebutuhan pendidikan pekerja. 

Untuk diketahui, pada November 2020 lalu BRI Corpu berhasil menjadi perusahaan pertama di dunia yang mendapatkan akreditasi CLIP secara online.

Baca Juga: Inovasi Bank BRI Luncurkan Platform Digital Saving “BRI Buka Rekening”

2. Upskilling dan reskilling para pekerja

Personalisasi Pengalaman Belajar, Jadi Cara BRI Kembangkan Kompetensi Pelayanan BRI. (Dok. BRI)

Sementara itu, pada tahun berikutnya, BRI Corpu berencana untuk melakukan upskilling dan reskilling para pekerja dengan kompetensi digital yang dibutuhkan di masa depan. 

Perwakilan BRI Corpu dalam forum tersebut menjelaskan, hal ini merupakan cara dalam menjawab tantangan disrupsi sebagai dampak perkembangan teknologi digital yang semakin pesat.   

Hal tersebut juga dipicu penelitian McKinsey, “Automation & The Future of Work” yang menyatakan bahwa 23 juta pekerjaan akan tergantikan mesin pada 2030 dan saat itu akan ada 46 juta pekerjaan baru yang muncul.

Lalu pada 2023, untuk memperbaiki pengalaman, program, dan kinerja pembelajaran, BRI Corpu juga akan mengembangkan learning analytics yang dapat mengolah data dengan lebih baik sehingga mampu memprediksi kebutuhan pendidikan setiap pekerja dengan lebih akurat.

3. BRI Corporate University Raih Akreditasi Global CLIP

Personalisasi Pengalaman Belajar, Jadi Cara BRI Kembangkan Kompetensi Direktur Human Capital BRI, Herdy Harman. (Dok.BRI)

BRI Corporate University yang merupakan pusat pelatihan karyawan perseroan tersebut mendapat pengakuan global melalui akreditasi internasional Corporate Learning Improvement Process (CLIP) dari European Foundation for Management Development (EFMD) tahun 2020. 

Direktur Human Capital BRI, Herdy Harman, mengungkapkan keberhasilan ini setidaknya membuktikan kesungguhan BRI mencapai visi dan aspirasinya untuk menjadi The Most Valuable Bank in South East Asia dan Home to the Best Talent. 

“Kami bersyukur BRI Corporate University mendapat pengakuan secara global.  Akreditasi ini semakin memperkuat lembaga pendidikan korporat milik BRI. Sebelumnya pada 2018, BRI Corporate University juga meraih penghargaan sebagai Corporate University terbaik se-Indonesia pada 2018 dari Majalah SWA,” ungkap Herdy.

Adapun rangkaian proses akreditasi CLIP sendiri terdiri dari beberapa rangkaian, yakni Enquiry, Formal Application, Eligibility Visit, Eligibility Decision, Self Assessment, Peer Review Visit, dan Accreditation

Dalam perjalanannya, proses akreditasi CLIP yang memiliki standar ketat di tengah masa pandemik COVID-19. BRI merupakan lembaga keuangan pertama di dunia yang menjalani seluruh proses akreditasi CLIP tersebut secara online. (WEB)

Baca Juga: Selamat! BRI Corporate University Raih Akreditasi Global CLIP 

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya