BRI Dorong Pertumbuhan dan Penyaluran Kredit Mikro Lewat BRISPOT  

BRISPOT merupakan aplikasi untuk memproses pinjaman mikro

Jakarta, IDN Times - Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia (BRI), Amam Sukriyanto, mengatakan tenaga pemasar mikro BRI saat ini jumlahnya lebih dari 28 ribu dan tersebar di seluruh Indonesia termasuk di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). 

Dengan demikian, BRI membutuhkan tools yang bisa menciptakan fleksibilitas dan efektivitas sehingga proses kredit bisa dilakukan secara digital dengan lebih cepat meskipun dalam kondisi tidak ada sinyal.

Maka dari itu, BRI terus berinovasi mendorong pertumbuhan dan penyaluran kredit mikro dengan melakukan migrasi proses kredit mikro dari proses input manual menjadi full digital melalui BRISPOT. Proses migrasi tersebut dilakukan sejak 2018 dan telah terealisasi 100% pada 2019. 

BRISPOT merupakan aplikasi khusus para tenaga pemasar mikro BRI atau Mantri BRI untuk memproses pinjaman mikro. Aplikasi ini berguna untuk menyederhanakan, mengotomasi, dan mendigitalisasi proses pengajuan hingga pencairan pinjaman di BRI. 

1. Ini sejumlah keunggulan aplikasi BRISPOT

BRI Dorong Pertumbuhan dan Penyaluran Kredit Mikro Lewat BRISPOT  IDN Times/BRI

Penyederhanaan proses yang dilakukan melalui BRISPOT di antaranya tidak perlu melakukan input di komputer/laptop, tetapi cukup melalui smartphone sehingga lebih fleksibel dan mempersingkat waktu. 

Melalui aplikasi BRISPOT, tenaga pemasar BRI cukup melengkapi input field data yang jauh lebih ringkas dan seragam ketimbang sebelumnya sehingga data yang dimasukkan Mantri BRI mempunyai field data yang sama. 

Untuk otomasi, BRISPOT mampu memotong waktu prakarsa pinjaman sampai dengan pencairan secara signifikan, tetapi tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian. Dari sisi digitalisasi, BRISPOT mampu mengubah proses bisnis dari semula paper based menjadi paperless sehingga lebih cepat dan efisien.  

2. BRISPOT akan digunakan juga untuk menunjang kinerja Agen BRILink dalam waktu dekat

BRI Dorong Pertumbuhan dan Penyaluran Kredit Mikro Lewat BRISPOT  IDN Times/BRI

BRISPOT telah dipakai untuk memproses pinjaman mikro sebanyak 12,1 juta debitur dengan plafond pinjaman mencapai Rp383 triliun sejak digunakan pada 2018 hingga 2019. BRI akan terus mengembangkan aplikasi BRISPOT agar mampu mengakselerasi penyaluran kredit mikro secara efisien.  

“Kami sedang tahap pengembangan fitur-fitur baru dalam aplikasi BRISPOT. Dalam waktu dekat BRISPOT akan kami gunakan juga untuk menunjang kinerja Agen BRILink untuk mendapatkan referral pinjaman nasabah baru. Terobosan ini sejalan dengan keinginan kami untuk dapat mengusung semangat go smaller (segmen lebih kecil), go shorter (jangka waktu lebih pendek), go faster (proses lebih cepat) dalam melakukan penetrasi pasar yg lebih luas. Tentunya, setiap inovasi yang kita lakukan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian agar semua berjalan dengan aman,” pungkas Amam.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya