BRI Bersama BUMN Jalankan Program Magang Bersertifikat  

Dapat pengalaman sekaligus dibekali uang saku

Jakarta, IDN Times - Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengadakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) untuk yang ketiga kalinya sejak 2018. BRI membuka kesempatan mahasiswa magang untuk merasakan pengalaman kerja di perusahaan. Diketahui, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, ada 440 peserta magang yang sudah menyelesaikan PPMB di BRI.

Direktur Human Capital BRI Agus Winardono menjelaskan, PMMB adalah program yang diselenggarakan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bekerja sama dengan seluruh perseroan BUMN. Diharapkan melalui program tersebut bisa mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta berdaya saing global. 

1. Sudah ada 177 peserta

BRI Bersama BUMN Jalankan Program Magang Bersertifikat  Pegawai BRI millennial tengah berdiskusi. (Dok. BRI)

Lebih lanjut Agus menjelaskan, pada batch I/2021 ada 177 peserta program dari 60 universitas di Indonesia. Peserta magang ada yang bertugas di kantor pusat BRI, kantor wilayah, hingga anak perusahaan BRI di berbagai daerah.   

“Jumlah yang sama ditargetkan tercapai untuk pelaksanaan PMMB batch II/2021. BRI berkomitmen terus terlibat dalam program PMMB demi meningkatkan kapasitas SDM di Indonesia,” ujarnya. 

Menurutnya, program ini bertujuan membentuk link and match antara pihak industri dan perguruan tinggi dengan cara memberi kesempatan mahasiswa D2 hingga S2 ber-IPK minimal 2.75 untuk magang di BUMN.

Baca Juga: BritAma-Srikandi BRI Salurkan Bantuan Rp250 Juta untuk Masjid Istiqlal

2. Syarat menjadi peserta program magang

BRI Bersama BUMN Jalankan Program Magang Bersertifikat  Lanskap gedung BRI. (Dok. BRI)

Selain harus berstatus mahasiswa D2 sampai dengan S2, serta memiliki IPK minimal 2.75, peserta wajib berstatus sehat jasmani & rohani, serta bersedia magang selama minimal enam bulan.

Calon peserta magang juga harus sudah belajar di semester 5 untuk mahasiswa S1 dan D3. Mahasiswa yang sudah menempuh semester akhir ini diutamakan untuk menjadi peserta PMMB. 

Calon peserta magang juga harus memenuhi persyaratan-persyaratan khusus seperti lulus seleksi dari perguruan tinggi, mendapat rekomendasi dari perguruan tinggi, menandatangani pakta integritas yang didapat melalui perguruan tinggi, melampirkan CV, transkrip nilai, dan SKCK yang dikeluarkan perguruan tinggi.

3. Proses dan cara mendaftar

BRI Bersama BUMN Jalankan Program Magang Bersertifikat  Pegawai BRI millennial tengah berdiskusi. (Dok. BRI)

Bagi mahasiswa yang tertarik untuk ikut program ini bisa langsung mendaftarkan diri ke Unit Carrier Center atau Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi mitra PMMB. Setelah itu, perguruan tinggi terkait akan mengirimkan Data Ketersediaan Mahasiswa Magang yang direkomendasikan kepada FHCI. 

Kemudian FHCI akan menyamakan kebutuhan posisi magang di BRI dengan ketersediaan mahasiswa atau talenta dari perguruan tinggi. Setelahnya, BRI melakukan seleksi. Apabila sudah selesai, peserta wajib melakukan swab test sebelum resmi menjalani magang di perusahaan.

Peserta PMMB di BRI akan mendapat berbagai fasilitas seperti uang saku bulanan, asuransi AMKKM BRI, sertifikat PMMB BUMN, dan berkesempatan menjadi Best Talent BRI dengan mengikuti seleksi masuk karyawan BRI. Adapun informasi lebih lengkap terkait dengan PMMB dapat diakses pada laman https://pmmb.fhcibumn.com/

“Sejak 2018 hingga saat ini, sudah ada 51 peserta PMMB yang berujung menjadi Best Talent BRI untuk mengisi posisi officer, frontliner, IT support, serta assistant di BRI. Hal ini menunjukkan efektifnya program PMMB untuk meningkatkan kapasitas SDM dan membantu link & match kebutuhan industri dengan talenta-talenta terbaik di perguruan tinggi,” tutup Agus. (WEB) 

Baca Juga: Kesetaraan Gender Akan Meningkatkan Kinerja BRI dan UMKM Indonesia

Topik:

  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya