5.000 Peserta Jalan Sehat Bersama BRI Ramaikan HUT Ke-74 RI di Papua

BRI berharap kehadiran BUMN makin dirasakan masyarakat

Jayapura, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar berbagai rangkaian kegiatan di Jayapura, Papua, Sabtu (17/8), untuk memperingati HUT ke-74 RI. Dengan mengusung semangat BUMN Hadir untuk Negeri, Bank BRI mengawali rangkaian kegiatan dengan upacara bendera di Kantor Wilayah BRI Jayapura. 

1. Bank BRI berharap kehadirannya berdampak lebih besar dalam peningkatan kesejahteraan dan pemberantasan kemiskinan

5.000 Peserta Jalan Sehat Bersama BRI Ramaikan HUT Ke-74 RI di PapuaIDN Times/Bank BRI

Setelah upacara, Bank BRI menggelar jalan sehat gratis bertajuk Langkah Maju untuk Negeri bersama 5.000 orang di lapangan kantor Gubernur Provinsi Papua. Direktur Mikro dan Kecil Bank BRI Priyastomo serta Asisten Deputi Data dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Yuni Suryanto hadir pada acara tersebut.

“Besar harapan kami bahwa dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di berbagai wilayah, eksistensi BUMN semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Tidak hanya berperan sebagai penggerak ekonomi semata. Namun, memiliki dampak sosial yang lebih besar dalam peningkatan kesejahteraan dan pemberantasan kemiskinan,” ungkap Priyastomo.

2. Doorprize dan kuliner gratis disediakan pada acara ini

5.000 Peserta Jalan Sehat Bersama BRI Ramaikan HUT Ke-74 RI di PapuaIDN Times/Bank BRI

Masyarakat pun dapat menikmati kuliner gratis sambil melihat bazar pameran UMKM dan berkesempatan memperebutkan hadiah doorprize senilai ratusan juta rupiah dan menyaksikan panggung hiburan setelah jalan sehat. Suasana bertambah meriah kala para peserta mengikuti berbagai lomba agustusan, antara lain balap bakiak, tarik tambang, balap karung, rias muka, dan kempit balon.

3. Bank BRI juga turut memberikan bantuan CSR

5.000 Peserta Jalan Sehat Bersama BRI Ramaikan HUT Ke-74 RI di PapuaIDN Times/Bank BRI

Pada acara tersebut, Bank BRI turut memberikan bantuan corporate social responsibility (CSR) berupa pemeriksaan kesehatan gratis. Ada juga gerakan Jemari Untuk Negeri, yakni setiap peserta yang mengikuti jalan sehat bisa melakukan cap tangan di tembok donasi sesampainya di garis finis. Setiap cap tangan dihargai senilai Rp60.000.

“Dengan antusiasme sebanyak 5.000 peserta kalau dihitung nilai donasi bisa mencapai Rp300 juta. Donasi akan kami serahkan kepada Sekolah Luar Biasa yang ada di Provinsi Papua,” tutur Priyastomo.

4. Pada HUT ke-74 RI, BRI ditunjuk sebagai BUMN koordinator

5.000 Peserta Jalan Sehat Bersama BRI Ramaikan HUT Ke-74 RI di PapuaIDN Times/Bank BRI

Sebelumnya, Bank BRI bersama Yodya Karya di Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) telah melepas 29 siswa siswa berprestasi dari Provinsi Papua yang dikirimkan ke Sulawesi Selatan pada Kamis (15/8). Adapun dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirimkan ke Papua 27 siswa. Program SMN yang diinisiasi Kementerian BUMN ini bertujuan mengenalkan siswa kepada keragaman budaya dan kekayaan alam, serta memupuk rasa nasionalisme para pelajar.

Priyastomo menjelaskan, pada HUT ke-74 RI ini, Bank BRI ditunjuk sebagai BUMN koordinator program BUMN Hadir untuk Negeri di wilayah Papua bersama dengan Yodya Karya. Sejak program BUMN Hadir untuk Negeri diluncurkan pada 2015, Bank BRI aktif menyelenggarakan acara di berbagai wilayah sebagai upaya merekatkan rasa kebangsaan dan persatuan di seluruh penjuru negeri, mulai pada 2015 di Sulawesi Selatan, 2016 di Papua, 2017 di Jawa Timur, 2018 di Sulawesi Barat, dan tahun ini kembali di Papua.

Sebagai tambahan informasi, Bank BRI juga memberikan bantuan CSR BRI Peduli kepada masyarakat di wilayah Papua dan sekitarnya. Bantuan yang diberikan berupa elektrifikasi rumah warga, pembuatan MCK, penyediaan sarana air bersih, bedah rumah masyarakat, pasar murah, pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi, padat karya tunai, dan pengobatan gratis.

Selain itu, pada Ramadan lalu, Bank BRI memberikan bantuan sarana ibadah, bantuan Alquran, dan santunan anak yatim. Pada akhir tahun nanti direncanakan akan ada kebaktian dan perayaan Natal serta bantuan untuk panti asuhan. Hingga Juli 2019 Bank BRI menganggarkan Rp130 miliar untuk tujuh sektor, yakni bantuan sosial pengentasan kemiskinan, bencana alam, kesehatan, pendidikan, sarana ibadah, sarana umum.

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya