Comscore Tracker

BRIncubator Kembali Digelar, Diikuti 30 Pelaku UMKM Bidang Kuliner 

Usung semangat menuju pasar global

Jakarta, IDN Times - Bank Rakyat Indonesia (BRI) kembali menggelar ajang pembinaan dan inkubasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tahunan BRIncubator. Tahun ini, acara tersebut diselenggarakan dengan tajuk BRIncubator Go Global. Tahap pertama pembinaan UMKM ini akan dilakukan pada April hingga akhir Mei 2021.

Dalam BRIncubator Go Global 2021, pembinaan dan inkubasi akan dilakukan terhadap UMKM di bidang kuliner. Setidaknya ada 30 UMKM yang terpilih menjadi peserta acara, setelah melalui seleksi dari 1.355 UMKM yang mendaftar. 

Nantinya, puluhan UMKM yang terpilih akan mendapat pembinaan pola pikir (mindset), skill, dan attitude agar bisa langsung menguasai pengetahuan kewirausahaan dasar serta masuk ke bisnis digital.

1. Meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia

BRIncubator Kembali Digelar, Diikuti 30 Pelaku UMKM Bidang Kuliner Menkop UKM Teten Masduki (Dok. ANTARA News)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap akan ada banyak pelaku UMKM sektor kuliner yang bertransformasi masuk ekosistem digital, serta siap bersaing di pasar global.

Berdasarkan data Survei Angkatan Kerja Nasional BPS, hingga 2020 lalu rasio kewirausahaan di Indonesia ada pada angka 3,47 persen. Angka ini ada di bawah rasio kewirausahaan negara-negara tetangga, seperti Thailand (4,26 persen), Malaysia (4,74 persen), dan Singapura (8,76 persen). 

“Kita akan menuju ke negara maju dan minimum memiliki 4 persen (rasio) kewirausahaan kita, jadi ini PR kita bersama. Pendekatan inkubasi untuk melahirkan wirausaha-wirausaha baru dari yang eksisting saat ini, dari UMKM yang unggul ini, menjadi penting kita kolaborasikan bersama-sama,” ujar Teten dalam sambutannya. 

Teten juga menyebut keberadaan UMKM yang sudah Go Digital dan produktif adalah kunci pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Dukung UMKM, BRI Ventures Resmi Investasi Strategis kepada Bukalapak 

2. Perluasan pemasaran produk UMKM

BRIncubator Kembali Digelar, Diikuti 30 Pelaku UMKM Bidang Kuliner Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau gerai cinderamata di Pantai Lumbanbulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (30/12/2020). (Istimewa)

Apresiasi senada pun diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir dalam acara daring tersebut. Ia menilai, pandemik COVID-19 mendorong pelaku UMKM lebih cepat bertransformasi ke ranah digital.  

“Pandemik telah membawa kita ke sebuah era kenormalan baru. Salah satunya adalah para pelaku usaha harus mulai melakukan transformasi digital dan menjadi pelaku usaha yang terbuka, inovatif, lincah, serta mampu berkolaborasi,” papar Sandiaga.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menyebut acara BRIncubator 2021 akan membantu perluasan pemasaran produk-produk UMKM Indonesia.

3. BRIncubator yang keempat

BRIncubator Kembali Digelar, Diikuti 30 Pelaku UMKM Bidang Kuliner BRIncubator Go Global 2021 via daring (Dok. BRI)

Executive Vice President Social Entrepreneurship & Incubation Division BRI Djoko Purwanto menjelaskan, acara BRIncubator tahun ini merupakan ajang keempat yang diselenggarakan BRI sejak 2018. BRI berharap dari acara ini akan muncul UMKM yang berkembang, siap masuk pasar global, dan menjadi teladan bagi pelaku usaha lain.

“Ujung-ujungnya kami juga akan mengajak teman-teman UMKM untuk ikut pameran kita di akhir tahun, BRILIAN Preneur 2021, yang biasanya dilakukan BRI pada Desember. Jadi harapannya mari kita ikuti kegiatan ini sebaik-baiknya sehingga bisa go global dan berikutnya kita cari lagi peserta-peserta lain sehingga bisa mengumpulkan berbagai UMKM yang siap ekspor,” ujar Djoko. (WEB)

Baca Juga: Lewat Employee Stock Allocation, BRI Bagikan Saham untuk Karyawan 

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya