BRI Hadirkan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk Ciptakan SDM Unggul

BRILSP buktikan kompetensi melalui sertifikasi profesi

Jakarta, IDN Times - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk secara resmi menghadirkan BRILSP atau Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BRI untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya saing global. Untuk diketahui, BRILSP merupakan lembaga sertifikasi profesi perbankan pertama di Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, untuk mencapai Visi BRI sebagai The Most Valuable Bank In South East Asia dan Home to The Best Talent, BRI harus menyiapkan orang dan talenta-talenta yang dicari BRI harus memenuhi tiga kriteria unggul, yakni intelligence capital yang kuat, psychology capital yang baik, dan social capital yang tinggi.

“Memang BRI kebanyakan melayani nasabah yang UMKM, maka operational cost-nya tinggi. Jadi, dua yang kita transformasi, yaitu digital dan culture. Pendek kata, kunci dari transformasi itu di culture-nya, di human capital-nya. Membangun human capital itu membangun culture, tidak bisa mengandalkan sinten, tetapi relay pada sistem,” ujar Sunarso dalam launching BRILSP secara daring di Jakarta, Rabu (23/9). 

1. Bekerja di BRI harus menjadi ‘game’ yang menarik

BRI Hadirkan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk Ciptakan SDM UnggulIDN Times/BRI

Menurut Sunarso, bekerja di BRI harus menjadi ‘game’ yang menarik dan pekerja berkompetisi mengikuti aturan main yang menarik. Untuk itu, tugas perusahaan ialah menyiapkan sistem dan aturan main. 

“Karena nasib teman-teman semua dari level atas sampai bawah itu harusnya bergantung dari dirinya sendiri. Karena itu, saya ingin semua orang mengeluarkan potensinya. Maka tugas perusahaan adalah menyiapkan sistem. Program-programnya adalah membangun sistem supaya masing-masing individu mampu merencanakan suksesnya sendiri dan semua transparan dan kredibel,” jelas Sunarso.

2. BRI memperhatikan future ready competence dalam proses rekrutmen

BRI Hadirkan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk Ciptakan SDM UnggulIDN Times/BRI

Komitmen untuk mengembangkan kompetensi SDM tersebut diwujudkan dari proses rekrutmen. Hal tersebut diungkapkan Direktur Human Capital BRI Herdy Harman dalam welcome remarks launching BRILSP. 

“Dalam proses rekrutmen, Bank BRI memperhatikan banyak hal, dari karakter berupa intelligence capital, psychology capital, dan social capital. Pada sisi potensi di masa depan, Bank BRI memperhatikan future ready competence seperti kompetensi yang dilihat dari sisi kreatif, inovatif, data driven, adaptif, kolaboratif, digital library maupun achievement orientation,” urai Herdy Harman.

Sebagai salah satu realisasi dari talent development, BRI secara resmi me-launch BRILSP atau Lembaga Sertifikasi Profesi BRI yang akan melakukan pembuktian kompetensi dengan sertifikasi profesi pada bidang kompetensi tertentu. 

3. BRILSP diharapkan menambah kekuatan BRI dalam mengembangkan SDM yang kompeten

BRI Hadirkan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk Ciptakan SDM UnggulIDN Times/BRI

Selain itu, BRILSP merupakan LSP perbankan pertama yang telah berdiri sejak 29 Oktober 2019 dan telah mendapat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan sertifikat yang dikeluarkan telah diakui secara nasional di Indonesia dan Asia Tenggara. Selain hal tersebut, BRILSP mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sehingga akan memiliki added value dan daya saing bagi para pekerja BRI Grup.

BRILSP memiliki 22 skema uji kompetensi, 31 asesor yang siap melakukan pengujian kompetensi dengan target peserta uji sebanyak 33.046,. Jumlah tersebut akan bisa bertambah sesuai dengan pengembangan skema sertifikasi dan target peserta dari semua BRI Group. Dengan hadirnya BRILSP diharapkan menambah kekuatan BRI dalam mengembangkan SDM yang kompeten dan ahli dalam setiap bidang tugasnya.

Dalam mencari talenta-talenta terpilih, BRI secara pro aktif melakukan talent scouting ke berbagai universitas terbaik di Indonesia, bahkan hingga keluar negeri dengan berbagai program, seperti scholarship, internship, dan contest. BRI juga membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik di Indonesia Timur dan juga memberikan kesempatan bagi para difabel. Program rekrutmen dilakukan di beberapa channel dan melalui berbagai program seperti halnya BFLP (Brilian Future Leader Program), BNLP (Brilian Next Leader Program), dan BBOP (Brilian Banking Officer Program).

“Saya percaya bahwa talenta hebat tidak akan muncul secara tiba-tiba, tetapi hanya dapat terbentuk apabila dilakukan secara kesisteman mulai dari menemukannya, mengembangkannya, dan me-retain-nya dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, akademisi, korporasi, community, dan Pemerintah,” pungkas Herdy Harman

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya