Sinergi BRI dan Kemenparekraf Dukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  

BRI sebagai penyedia jasa dan layanan perbankan parekraf

Jakarta, IDN Times – Untuk mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemik, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Hal ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU secara virtual tentang pemanfaatan jasa dan layanan perbankan pada Selasa (21/7), guna mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif. 

1. BRI menyediakan akses perbankan untuk wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif

Sinergi BRI dan Kemenparekraf Dukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  IDN Times/BRI

Penandatanganan dilakukan antara Direktur Konsumer BRI, Handayani dengan Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya.

“Melalui kerja sama ini, BRI berharap dapat mendukung penyediaan layanan perbankan di sektor pariwisata. Dengan begitu, wisatawan maupun pelaku ekonomi kreatif dapat dengan mudah mendapatkan akses transaksi maupun pembiayaan dari BRI,” ungkap Handayani.

2. Poin-poin utama kerja sama yang terjalin antara BRI dan Kemenparekraf

Sinergi BRI dan Kemenparekraf Dukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  IDN Times/BRI

Dalam MoU tersebut terdapat poin-poin utama kerja sama, di antaranya terkait promosi UMKM potensial yang dapat mendukung kegiatan pariwisata di Indonesia, edukasi tata cara berwisata yang aman saat masa adaptasi kebiasaan baru, dan pemasaran Tabungan BRI BritAma juga Tabungan BritAma Rencana Wisata Nusantara yang digabungkan dengan kartu co-branding. 

Nantinya penerapan kerja sama tersebut akan didukung oleh publikasi media dari pihak BRI maupun Kemenparekraf RI, sehingga masyarakat dapat terinformasi dan teredukasi dengan baik. 

3. Target kerja sama ini adalah milenial yang merencanakan perjalanan wisata

Sinergi BRI dan Kemenparekraf Dukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  IDN Times/BRI

Salah satu target dari kerja sama ini adalah para milenial yang ingin merencanakan perjalanan wisata. 

“Dengan menggunakan tabungan tersebut, mereka dapat menentukan sendiri berapa lama jangka waktu installment dan besaran saldo yang dikumpulkan. Dilengkapi dengan fasilitas asuransi Personal Accident dan beberapa fasilitas tambahan seperti asuransi perjalanan, AM-KKM produk tabungan dan desain kartu co-branding akan dibuat kekinian mengikuti selera dari para milenial,” kata Handayani.

Sebelumnya, BRI juga telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait co-branding Kartu Kredit Wonderful Indonesia. Sampai dengan Juni 2020, jumlah pengguna Kartu Kredit Wonderful Indonesia hampir mencapai 20 ribu pengguna. Dengan adanya tambahan kerja sama ini, diharapkan dapat turut mengerek pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah masa adaptasi kebiasaan baru dan tentunya mempererat jalinan kerja sama antara BRI dengan Kemenparekraf RI.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya