Sinergi dengan BRI, Taspen Ajak Sejahterakan ASN Melalui KIOS WARGA 

KIOS WARGA bertujuan agar ASN independen secara finansial

Jakarta, IDN Times– Menghadirkan KIOS WARGA, Taspen bersinergi dengan Bank BRI melahirkan terobosan baru untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) pada hari tua. Taspen menyiapkan program kewirausahaan KIOS WARGA untuk para ASN aktif yang akan pensiun dan pensiunan ASN dengan tujuan independen secara finansial pada masa pensiun.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Direktur Utama Taspen A.N.S Kosasih, dan Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengikuti peluncuran KIOS WARGA di Jakarta (10/06).

1. KIOS WARGA diharapkan menjadi bagian program pemberdayaan UMKM RI melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia

Sinergi dengan BRI, Taspen Ajak Sejahterakan ASN Melalui KIOS WARGA IDN Times/Bank BRI

Menteri Koperasi dan UKM pun mengapresiasi KIOS WARGA karena selaras dengan program pemberdayaan UMKM di Indonesia. 

“Saat ini, pemerintah gencar mendorong produk-produk koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (KUMKM) melalui gerakan Bangga Buatan Indonesia. Kios/warung diharapkan menjadi bagian dari gerakan program tersebut dengan menyediakan ruang bagi penjualan produk-produk KUMKM,” tutur Teten.

2. Dukungan penuh BRI kepada KIOS WARGA sebagai bentuk pemberdayaan kepada ASN

Sinergi dengan BRI, Taspen Ajak Sejahterakan ASN Melalui KIOS WARGA IDN Times/Bank BRI

Berperan mengedukasi para ASN serta calon pensiunan dan pensiunan ASN untuk dapat berwirausaha, Taspen menggandeng Bank BRI dan PT Jaringan Sistema Semesta dalam pelaksanaan KIOS WARGA. Dalam sinergi ini, Bank BRI berperan memfasilitasi pembiayaan usaha KIOS WARGA melalui produk BRIGUNA KIOS WARGA dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI dengan persyaratan mudah dan ringan serta penyediaan sistem pembayarannya.

Adapun pada sinergi ini, PT JSS berperan sebagai distributor penyedia barang, mempersiapkan kios, baik secara fisik maupun mengisi produk-produk yang akan dipasarkan di KIOS WARGA tersebut.

“Bank BRI mendukung penuh program KIOS WARGA sebagai upaya pemberdayaan dan membantu mengembalikan daya tahan finansial para ASN baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun pada masa pandemik ini,” ujar Catur.

3. Saat ini sudah ada 50 titik KIOS WARGA di seluruh Indonesia

Sinergi dengan BRI, Taspen Ajak Sejahterakan ASN Melalui KIOS WARGA IDN Times/Bank BRI

Dirut Taspen mengatakan bahwa antusiasme ASN sangat tinggi kepada KIOS WARGA. Untuk diketahui, saat ini terdapat 50 titik KIOS WARGA di seluruh Indonesia.

“Besarnya minat pegawai ASN yang akan memasuki pensiun untuk berwirausaha. Kami akan terus melakukan pendampingan terhadap pemilik KIOS WARGA yang telah dan ada serta membuka calon wirausaha baru dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” tutur Kosasih.

Selain bakal terus bertambah seiring makin banyaknya peminat program KIOS WARGA, Bank BRI juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk menjadi AGEN BRILink berkonsep bagi hasil yang lebih menguntungkan sehingga menambah pendapatan. Selain itu, beberapa produk yang dijual di KIOS WARGA pun didukung produk-produk unggulan UMKM binaan Bank BRI. 

“Melalui produk dan layanan yang optimal dan berkualitas, Bank BRI berkomitmen menjadi one stop financial services bagi Taspen dan ASN di seluruh Indonesia,” tutur Catur.  

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya