6 Hal Menarik dari Indonesia Writers Festival 2018 di Banyuwangi

#IndonesiaWritersFestival Jadi trending topic Twitter!

Banyuwangi, IDN Times - IDN Times menyelenggarakan Indonesia Writers Festival (IWF) tahun 2018 by IDN Times di Banyuwangi, pada Jumat (21/9). Jiwa Jawa Resort Ijen menjadi pilihan lokasi dari berlangsungnya acara tersebut. Lalu, fakta-fakta menarik apa yang ditemukan dari kegiatan IWF ini? Berikut 6 fakta menarik di antaranya!

1. Hamparan sawah yang asri menjadi view-nya, indah banget deh!

6 Hal Menarik dari Indonesia Writers Festival 2018 di BanyuwangiDok. Pribadi/Bintang

Jiwa Jawa Resort Ijen sebagai lokasi IWF tahun 2018 memberikan keunikan tersendiri. Pasalnya, selain tempatnya yang berada di wilayah dataran tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan kopi, resort yang terletak di Kecamatan Licin itu memiliki sebuah panggung dengan hamparan sawah yang hijau sebagai viewnya.

Menarik bukan? Dan panggung itu pula yang menjadi panggung dari berlangsungnya IWF. Bupati Banyuwangi pun mengaku terpesona dengan setting panggungnya.

"Tidak hanya suasananya yang dingin, tapi sawah yang hijau, ornamen-ornamen pendukung hiasan panggung menambah keindahan dan keunikan dari Indonesia Writers Festival 2018," ungkap Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi.

2. Diikuti oleh peserta dari berbagai usia dan profesi

6 Hal Menarik dari Indonesia Writers Festival 2018 di BanyuwangiDok. Pribadi/Bintang

Adanya IWF ini, menjadi wadah dipertemukannya para pembaca atau pun penulis dari berbagai wilayah Banyuwangi dan sekitarnya. Bahkan kegiatan yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi ini diikuti oleh para pelajar, mahasiswa, guru, aktivis serta komunitas penulis. Selain bisa menjadi wadah sharing kepenulisan, tentunya ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk networking.

3. Didukung oleh banyak instansi dan unit

6 Hal Menarik dari Indonesia Writers Festival 2018 di BanyuwangiKabupaten Banyuwangi Official

Berlangsungnya acara Indonesia Writers Festival di Jiwa Jawa Resort itu tentu juga didukung oleh banyak instansi dan unit. Tidak heran jika kontennya sangat berkualitas dan bermanfaat.

Fitri, selaku pemandu acara seringkali menyebutkan bahwa acara IWF ini didukung oleh IDN Times, IDN Media, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Narasi TV, Jiwa Jawa Resort dan Jazz Gunung. Acara seru ini diharapkan terus berlangsung setiap tahunnya.

Baca Juga: Najwa Shihab Ikut Berbagi Ilmu di Indonesia Writers Festival 2018

4. Narasumber yang menginspirasi

6 Hal Menarik dari Indonesia Writers Festival 2018 di BanyuwangiDok. Pribadi/Bintang

Hal mendasar yang menjadi alasan para penggemar menulis ingin hadir dan mengikuti IWF 2018 by IDN Times adalah narasumber-narasumber yang akan berbagi ilmu dan tips-tips menarik tentang dunia tulis-menulis.

IDN Times, selaku penyelenggara menghadirkan 6 narusumber yang menginspirasi. Mereka adalah Bapak Abdullah Azwar Anas selaku Bupati Banyuwangi, Sigit Pramono founder Jazz Gunung, Uni Lubis selaku editor-in-chief IDN Times, Fira Basuki yang seorang novelis, Stella Azasya yang menduduki ranking 1 community writer di IDN Times, serta Najwa Shihab selaku founder Narasi TV.

5. Giveaway yang menarik

6 Hal Menarik dari Indonesia Writers Festival 2018 di BanyuwangiDok. Pribadi / Bintang

IWF 2018 ini mengangkat sebuah tema di mana saat ini menulis cukup melalui sebuah handphone. Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Cara-cara tersebut juga dipakai sebagai salah satu cara memfasilitasi giveaway dari acara IWF. Bagi peserta yang paling banyak mengirimkan artikel ke IDN Times tentang keseruan IWF atau keindahan alam wisata Kawah Ijen akan mendapat hadiah menarik.

Selain itu, para peserta juga akan mendapat hadiah buku menarik bagi yang mengupload foto atau video keseruan acara IWF di akun Instagram atau Twitter dengan menggunakan hashtag yang telah ditentukan panitia. Senang banget pasti, yang dapat giveaway.

6. Sempat menjadi trending topic nasional di Twitter

6 Hal Menarik dari Indonesia Writers Festival 2018 di BanyuwangiIDN Times/William Utomo

Dengan antusiasme peserta yang luar biasa, IWF 2018 sempat menjadi trending topic nasional 5 besar di Twitter, tepatnya di urutan keempat. Tidak hanya para peserta di tempat yang merasakan keseruannya, tapi juga penonton atau pengikut media sosial IDN Times di seluruh Indonesia yang belum berkesempatan untuk hadir turut menyaksikan keseruannya melalui berbagai postingan dan tayangan live.

Itulah tadi beberapa keseruan dari IWF 2018 yang diadakan di Banyuwangi oleh IDN Times. Gimana? Asik banget kan? Kalau kamu belum bisa menghadirinya, semoga bisa di kesempatan berikutnya. Selamat berkarya!

Baca Juga: 20 Keseruan Indonesia Writers Festival 2018, Asyik & Inspiratif Banget

Biji Bintang Habibitasari Photo Writer Biji Bintang Habibitasari

◾ Announcer of Radio Stikes FM ◾ Master of Ceremony ◾ Journalism of Stikes Banyuwangi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Tania Stephanie
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya