Comscore Tracker

15 Narapidana Positif COVID-19, Lapas Kota Blitar Jadi Klaster Baru

Satgas masih telusuri asal penularan virus corona

Blitar, IDN Times - 15 narapidana yang mendekam di Lapas Klas 2B Kota Blitar terkonfirmasi positif COVID-19. Satgas COVID-19 Kota Blitar telah melakukan upaya tracing dan swab massal terhadap para narapidana dan petugas lapas. Belum diketahui pasti dari mana asal penularan virus corona di dalam lapas tersebut.

1. Berawal dari narapidana yang menunjukkan gejala klinis terpapar virus corona

15 Narapidana Positif COVID-19, Lapas Kota Blitar Jadi Klaster BaruIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar Didik Djumianto menjelaskan, klaster lapas Blitar ini ditemukan ketika ada seorang narapidana yang sakit. Dia mengalami gejala klinis virus corona. Pihak lapas kemudian meminta Satgas COVID-19 memeriksa kondisi kesehatan sekaligus tes swab kepada yang bersangkutan.

"Setelah itu kami langsung melakukan pemeriksaan dan tes swab terhadap rekan satu selnya," ujarnya, Jumat (27/11/2020).

2. Periksa teman satu sel dan satu blok

15 Narapidana Positif COVID-19, Lapas Kota Blitar Jadi Klaster BaruIlustrasi virus corona, IDN Times/ istimewa

Tim Satgas kemudian memeriksa 33 narapidana yang masih satu sel. Hasilnya, ada 14 narapidana lain yang terpapar COVID-19. Mereka yang positif kemudian di karantina di ruangan tersendiri. Saat ini Satgas terus memperluas tracing ke satu blok lapas.

"Ada sekitar 60 narapidana yang masih menunggu hasil tes swab-nya," tuturnya.

3. Diduga tertular dari petugas lapas

15 Narapidana Positif COVID-19, Lapas Kota Blitar Jadi Klaster BaruIlustrasi tes virus corona, IDN Times/ istimewa

Satgas sendiri saat ini fokus untuk mengamankan satu blok dan mencari sumber penularan. Satgas masih belum mengetahui dari mana sumber penularan virus corona. Namun, kuat dugaan virus itu dibawa oleh petugas lapas. Sebab, selama pandemik ini Lapas Blitar meniadakan kunjungan keluarga narapidana.

"Selama ini Lapas Blitar memang melarang adanya kunjungan selama pandemik. Namun, petugasnya kan tetap keluar masuk. Jadi kami akan ambil tes swab sebanyak 85 petugas lapas," pungkasnya.

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya